Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pandemi, Cabor E-Sports Makin Diminati Warga Pati

Ketua Umum ESI Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto saat mengukuhkan Pengurus E-Sports Indonesia Kabupaten Pati, Kudus, Rembang, dan Grobogan 2020-2024 di Pendapa Kabupaten Pati (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Cabang olah raga (cabor) e-sports atau olahraga elektronik kian diminati oleh warga Bumi Mina Tani. Hal ini lantaran cabor baru tersebut dapat dilakukan tanpa kontak langsung antaratlet sehingga bisa menghindari kerumunan.

Bahkan keberadaan cabor baru ini disambut baik oleh Bupati Pati Haryanto. Terbukti dengan adanya kejuaraan e-sports dalam dua tahun terakhir yang digelar oleh Pemkab melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) bersama Pengkab E-Sports Indonesia (ESI) Pati.

“Animo atlet E-Sports cukup besar dalam kejuaraan. Tahun ini kami agendakan kembali dengan skala yang lebih besar,” ujarnya saat Pengukuhan Pengurus E-Sports Indonesia Kabupaten Pati, Kudus, Rembang, dan Grobogan 2020-2024 di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, kejuaraan bertajuk Pati E-Sports Championship merupakan pemanasan atlet untuk dapat berprestasi di level yang lebih tinggi.

“Untuk Pati E-Sports Championship II 2021 rencananya diikuti peserta dari komunitas di wilayah eks-Karesidenan Pati. Kami berharap akan semakin banyak bibit atlet e-sports berprestasi,” imbuhnya.

Haryanto menambahkan, pelaksanaan kejuaraan e-sports di tengah pandemi Covid-19 sangat realistis. Mengingat, situasi saat ini masih terbatas dan e-sports dapat dilakukan tanpa kontak langsung serta menghindari kerumunan.

“Kejuaraan ini tak perlu mengundang banyak orang dan dapat dilakukan siapa pun dan di mana pun sepanjang peranti dan jaringan internet mendukung,” paparnya.

Ketua Umum ESI Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto menyatakan, e-sports merupakan produk inovasi yang sukses menjadi tren kekinian. Karena itu, membutuhkan wadah yang mengurus dan membina agar potensinya dapat terkelola dengan baik.

“Lahirnya perangkat dan aplikasi hasil inovasi teknologi tidak hanya membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Di sisi lain juga dapat menjadi sarana hiburan baru,” ujarnya.

Menurutnya, e-sports sebagai cabang olahraga sekaligus hiburan memiliki potensi luar biasa. Dia optimistis jumlah gamers dan nilai industri akan terus bertumbuh.

“E-sports bersifat kompetitif dan butuh teknik dan strategi tertentu. Maka perlu lebih ditata dengan regulasi jelas agar ke depan melahirkan atlet yang dapat berbicara di kancah dunia,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...