Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

120 Tenda PKL dari PR Sukun Siap Percantik City Walk Sunan Kudus 

Penyerahan tenda secara simbolis oleh Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto kepada Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Rabu (17/3/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Para Pedagang Kaki Lima (PKL) segera menempati lokasi di kawasan City Walk Sunan Kudus. Hal tersebut dikarenakan tenda bantuan dari PR Sukun kepada Pemkab Kudus sudah diserahkan dengan total sebanyak 120 unit.

Penyerahan tenda secara simbolis dilakukan oleh Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (17/3/2021).

“Ada dua jenis yang kami berikan. Yakni 60 tenda untuk kuliner malam dan 60 tenda untuk PKL suvenir yang beroperasi siang hari, totalnya 120 unit,” katanya usai penyerahan tenda secara simbolis.

Untuk tenda yang diperuntukkan guna kuliner malam, kata Deka, adalah berukuran 3×2,5 meter. Sementara tenda untuk PKL suvenir, berukuran 1,5×1,5 meter. Dengan model tenda limasan dan materialnya langsung diimpor dari Korea.

Para pedagang, juga diberi dua buah kaus dengan desain yang berbeda. “Nanti ada tambahan spanduk nama warung dan menu-menu di warung tersebut. Kalau untuk kaus supaya tambah semangat saja teman-teman berjualannya,” sambung dia.

Pihak PR Sukun sendiri, kata Deka, tetap akan berupaya untuk melakukan perawatan pada tenda-tendanya secara berkala. Hanya memang, para pedagang juga diharapkan bisa turut merawat tenda-tenda tersebut.

“Kami tidak lepas tangan begitu saja, nanti untuk perawatan berkalanya kami koordinasikan dengan pihak Dinas Perdagangan Kudus,” tandasnya.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengucapkan terima kasih atas bantuan tenda dari PR Sukun. “Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi tenda yang sudah didesain dengan baik ini,” kata Hartopo.

Pemasangan tenda sekaligus simulasi penerapan protokol kesehatan di kawasan tersebut akan mulai dilakukan sore ini. Hartopo beranggapan, pelaksanaan simuasi dan penataan lokasi PKL di lokasi tersebut sangatlah perlu untuk dilakukan. Mengingat hingga kini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

City Walk Sunan Kudus sendiri, digadang-gadang akan menarik wisatawan lokal maupun luar daerah. “Mulai nanti jam 4 sampai jam 7 malam nanti ada simulasi, masyarakat di sekitar sana kami harapkan bisa menerima kehadiran tenda-tenda ini,” sambung dia.

Pihaknya pun berpesan para pedagang bisa merawat dengan baik tenda-tenda tersebut. Apabila ingin menambahkan perabot, maka diharapkan bisa disesuaikan dengan kondisi yang sekarang.  “Yang paling penting jaga kebersihan jaga fasilitas umum juga di sana,” lanjutnya.

Dengan begitu, masyarakat bisa semakin tertarik untuk makan di sana. Namun, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Mulai dari mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak.  “Dari teman-teman PKL kami juga harapkan inovasinya,” tandas dia.

Sementara Ketua PKL pekojan Kabupaten Kudus Mundloha mengatakan semua PKL di bawah naungan PKL Pekojan telah mengikuti pengundian nomor urut tenda. Semua PKL juga, kata Dloha telah menerima nomor urutnya masing-masing. “Sudah beres semua, kami siap untuk menempati dan menjaga tempat baru kami,” kata dia.

Dloha menambahkan, untuk jumlah PKL Pekojan yang akan menempati lokasi tersebut adalah sebanyak 43 PKL. Sementara sisanya, pihaknya pasrahkan pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus.

“Termasuk PKL suvenir juga dihandle dari dinas, terpenting kami ucapkan terima kasih atas kontribusi PR Sukun terkait tenda baru ini,” tandas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...