Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Peringati Hari Perawat Nasional, Jokowi Ucapkan Rasa Terima Kasih

Presiden Joko Widodo . (BPMI Setpres/Lukas)

MURIANEWS, Jakarta – Bertepatan dengan hari Perawat Nasional jatuh pada hari ini (17/3/2021), Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan rasa terima kasih atas jasa seluruh perawat Indonesia. Apalagi profesi ini menantang maut selama satu tahun masa pandemi Covid-19.

“Setahun Indonesia dalam serangan pandemi, setahun pula perawat-perawat Indonesia berada di garis terdepan, mengasuh dan melayani pasien Covid-19 di ruang-ruang perawatan pada pusat-pusat layanan kesehatan di negeri ini,” ujar Presiden di akun Instagram-nya @jokowi, Rabu (17/3/2021).

Jokowi mengapresiasi dedikasi para tenaga kesehatan yang tak kenal lelah merawat pasien, kendati harus berhadapan dengan virus Corona.

“Di balik masker yang terpasang ketat, mereka tetap tersenyum, berbicara dengan lembut, dan tangguh mengemban amanah profesi. Terima kasih para perawat Indonesia,” tuturnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Ucapan serupa juga diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melalui akun Instagram pribadinya @smindrawati. Sri Mulyani menyebut, tidak banyak orang yang mengetahui peringatan Hari Perawat Nasional. Meski demikian, dirinya yakni bahwa peran perawat sangat penting dalam mendampingi para dokter menangani pasien.

Sri Mulyani mengatakan, tidak hanya dokter, perawat juga merupakan garda terdepan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan. Terlebih di masa pandemi Covid-19, perawat mendampingi pasien dengan penuh kesabaran dan terus menyemangati pasien agar dapat segera sembuh.

Semangat serta kekuatan mental yang diberikan oleh para perawat telah membantu proses penyembuhan pasien Covid-19. Untuk itu Menkeu, menyampaikan terima kasih kepada seluruh perawat di Indonesia yang tidak kenal lelah menjaga seluruh masyarakat, bahkan tak jarang mengorbankan waktu keluarga untuk menjalankan tugasnya.

“Terima kasih telah turut menjaga Indonesia di momen yang sangat berat ini,” tulis Menkeu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Seperti diketahui, guna menunjang kinerja perawat yang sudah bekerja keras di massa pandemi, pemerintah pun memberikan insentif serupa uang tunai sebesar Rp 7,5 juta per bulan. Insentif ini sudah diberikan sejak tahun lalu hingga saat ini.

Adapun kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-239/MK.02/2020 hal Insentif Bulanan dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan yang Menangani Covid-19. Selain perawat insentif juga diberikan kepada tenaga kesehatan lainnya.

Pertama, dokter spesialis sebesar  Rp 15 juta per bulan. Kedua, dokter umum dan dokter gigi Rp 10 juta per bulan. Ketiga, tenaga medis lainnya Rp 5 juta per bulan.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...