Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Vaksinasi Guru di Pati Jadi Prioritas Setelah Lansia

Vaksin Sinovac diberikan kepada tenaga kesehatan belum lama ini. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Pati– Pemerintah pusat sudah mulai mewacanakan untuk pembelajaran tatap muka dimulai pada Juli mendatang. Pemerintah daerah pun melakukan sejumlah persiapan, termasuk vaksinasi guru atau tenaga pendidik.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, setelah proses vaksinasi bagi pelayan publik seperti anggota TNI, Polri dan organisasi perangkat daerah (OPD) dilakukan, rencananya guru akan menjadi prioritas berikutnya.

“Vaksinasi kemarin tiba-tiba muncul petunjuk untuk memprioritaskan lansia terlebih dahulu. Rencananya setelah alokasi vaksin datang lagi akan kami prioritaskan kepada para guru,” katanya, Rabu (17/3/2021).

Orang nomor satu di Pati itu menyebut, proses vaksinasi bagi guru begitu penting dilakukan. Sebab mereka akan bertatap muka dengan pelajar. Terlebih jika proses itu jadi dilakukan di bulan Juli mendatang.

“Karena guru nantinya akan bertatap muka dengan para murid, maka dari itu perlu divaksin,” tegasnya.

Namun untuk vaksinasi kepada para siswa, Haryanto menyebut belum mendapatkan petunjuk untuk segera dilakukan. Meski begitu dia melihat kondisi fisik anak jauh lebih kuat. Hal ini dibuktikan dengan kasus anak terpapar Covid-19 yang terbilang cukup minim.

“Kalau menurut saya imun anak jauh lebih kuat sehingga jarang yang terpapar covid,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah Muhdi mengamini telah muncul wacana pembelajaran tatap muka pada bulan Juli. Meskipun, wacana tersebut hingga saat ini masih dalam proses pengkajian.

“Sebenarnya dalam surat keputusan bersama Empat Menteri sudah jelas jika Januari sudah boleh dilakukan tatap muka. Namun, fakta di lapangan sempat muncul kendala sehingga kembali ke daring. Walaupun kemudian saat ini sudah kembali menurun,” terangnya.

Hanya saja, sesuai isyarat Gubernur Jawa Tengah sendiri masih menunggu vaksin untuk anak-anak terlebih dahulu. Terlebih untuk pemberlakuan tatap muka pada bulan Juli juga membutuhkan kesiapan yang matang.

“Memang harus disiapkan dari sekarang ini. Kesiapan sekolah, anak-anak maupun orang tuanya. Karena kalau harus menunggu hingga anak divaksin pun hingga sekarang belum ada vaksinnya,” tutup Muhdi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...