Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tangani Puluhan Kasus Narkoba, Kejari Pati Minta Polisi Tangkap Sang Bandar

ILUSTRASI

MURIANEWS, Pati – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pati hingga saat ini masih mengantongi sekitar 50 perkara narkoba. Jumlah tersebut dikatakan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Pati Firman Wahyu mengatakan, kasus narkoba hingga triwulan ini meningkat signifikan. Sementara sebagian besar jenisnya adalah sabu-sabu.

“Sejauh ini untuk peningkatannya cukup tinggi, bahkan didominasi dari warga lokal,” katanya, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, dalam penanganan kasus narkoba rata-rata banyak didominasi oleh pengguna. Sementara untuk bandar atau pengedar, sejauh ini belum ada.

Pihaknya juga menyindir petugas kepolisian agar tidak hanya menangkap pemakai, tetapi juga bandarnya. Sebab, yang paling rentan terjadi penyebaran justru dari bandar dan pengedar ini.

“Memang saya apresiasi buat Kasat Narkoba Polres Pati, yang lebih konsisten dalam melakukan pemberantasan narkoba. Namun harapan saya agar juga bisa menangkap bandarnya, jangan cuma pengguna saja,” tegasnya.

Dari puluhan kasus narkoba yang ditangani, sejauh ini untuk tuntutan yang dicapai paling lama delapan sampai sembilan tahun. Rata-rata warga yang tersandung kasus ini hanya ketangkap tangan.

“Harapan saya agar bisa dibentuk Tim Asisment Terpadu (TAT), supaya lebih mudah untuk menindak lanjuti, bukan hanya alat bukti dari test urine saja. Namun dengan adanya TAT itu, tim bisa lebih meningkatkan sinergi dalam menjalankan aturan penanganan soal narkoba,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...