Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jepara Sudah Terima 29.240 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac

Vaksin Sinovac. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara masih terus melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Sejak awal pelaksanaan hingga saat ini, Jepara sudah menerima 29.240 dosis vaksin sinovac dari pemerintah. Beberapa kelompok masyarakat sudah menerima vaksinasi ini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara (DKK), Moh Ali menyatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jepara, saat ini sudah memasuki tahap kedua. Untuk pelaksanaan tahap pertama, dari 8.840 dosis yang diterima dari pemerintah sudah disampaikan kepada masyarakat.

Pada program vaksin tahap I, vaksinasi diarahakan untuk para Tenaga Kesehatan di wilayah Kabupaten Jepara. Dalam hal ini ada 4.178 orang Nakes yang akhirnya berhasil divaksin. Dari 8.840 dosis vaksin yang diterima, sebanyak 23 dosis diketahui mengalami kerusakan.

“Pada program vaksinasi tahap pertama, sasaran programnya adalah para Nakes yang berhadapan langsung dnegan kasus-kasus Covid-19. Jumlah yang berhasil divaksinasi pada dosis pertama mencapai 4.719 orang. Sedangkan pada dosis kedua yang berhasil divaksinasi jumlahnya mencapai 4.565 orang. Ada Nakes yang pada dosis kedua tidak bisa diberikan karena beberapa hal,” ujar Moh Ali, Senin (15/3/2021).

Selanjutnya pada program vaksinasi Covid-19 tahap dua, Jepara menerima pasokan vaksin dari pemerintah dalam dua termin. Pada termin pertama, Jepara menerima 10.000 dosis vaksin, dan pada termin kedua mendapatkan tambahan 10.400 dosis vaksin.

Pada program vaksinasi tahap kedua ini ada beberapa kelompok masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan. Di antaranya adalah publik worker (pekerja pelayanan publik) sebanyak 74.022 orang. Kemudian juga para lansia yang jumlahnya mencapai 85.025 orang.

Untuk pelaksanaan vaksinas tahap 2 dengan sasaran para pekerja publik, sudah berhasil diberikan dosis pertama sebanyak 5.757 dosis. Sedangkan untuk pemberian dosis ke dua saat ini masih dalam proses. Sejauh ini, dari data terakhir yang masuk sudah 1.738 dosis yang diberikan untuk dosis kedua.

Sehingga dengan demikian, untuk program vaksinasi tahap kedua sasaran pekerja publik sudah digunakan 897 vial atau 8.970 dosis, dan masih tersisa 103 vial atau 1.030 dosis yang masih akan diberikan.

“Sementara seperti itu laporan yang bisa kami sampaikan untuk program vaksinasi covid 19 di Kabupaten Jepara. Prosesnya masih berjalan, sehingga angka-angka untuk program vaksinasi tahap ke dua, masih belum final,” jelas Moh Ali.

Sedangkan untuk program vaksinasi tahap kedua untuk sasaran para Lansia, saat ini sudah dilakukan vaksinasi dosis pertama untu 1.963 orang lansia. Sementara untuk dosis yang kedua, masih menunggu penjadwalan untuk memenuhi selang waktu 14 hari minimal yang ditetapkan sesuai dengan aturan medis.

Dengan demikian untuk sasaran lansia, sudah ada 198 vial atau 1.980 dosis yang diberikan. Sehingga masih ada sisa 802 vial atau 8.020 dosis vaksin yang belum diberikan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...