Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Pantirejo Khawatir Ada Kecurangan Jika Ujian Seleksi Balon Kades Dilakukan

Salah satu warga Pantirejo, Kecamatan Gabus, Huriyanto saat memberikan keterangan kepada awak media (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Puluhan warga Desa Pantirejo, Kecamatan Gabus yang melakukan audiensi di DPRD Pati, mengaku belum mendapatkan hasil. Mereka bersikukuh agar pelaksanaan ujian seleksi bakal calon (balon) tetap tidak dilakukan. Mereka juga hawatir apabila ujian seleksi balon tetap dilakulan, dicurigai akan timbul kecurangan.

Huriyanto perwakilan dari warga mengatakan, pada dasarnya tujuh balon itu dua di antaranya adalah dari usulan warga. Sementara lima balon lain diusung oleh oleh petahana.

“Masyarakat hawatir, jangan-jangan itu ada permainan. Petahana mencalonkan lima orang ini ada apa,” katanya, Senin (15/3/2021).

Dia menilai, demokrasi saat ini bukan ditentukan seberapa pintar calonnya, tetapi yang dipilih masyarakat, itulah yang jadi. Sementara saat ini warga Pantirejo hanya menginginkan dua orang calon yang diusung.

Bahkan apabila nanti pelaksanaan ujian seleksi tetap dilakukan, pihaknya berharap antara calon yang dipilih warga dan yang diusung petahana tetap lolos. Karena itu, ujian akan dikawal secara ketat oleh warga.

“Harapannya calon dari warga tetap lolos, dari petahana juga lolos. Biarpun calon warga melawan empat calon dari petahana, tidak masalah. Nanti rakyat yang memilih,” tegasnya.

Di juga menuding tidak adanya informasi yang jelas dari pihak panitia pilkades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat dalam menyosialisasikan pilkades. Sehingga semuanya menjadi ngambang, sampai muncul tujuh bakal calon.

“Pada saat ujian, nanti ada aksi ramai-ramai. Nanti warga datang untuk mengawal ujian biar sportif, sesuai dengan jalur hukum, tidak ada permainan,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...