Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

17.327 Warga Kudus Telah Divaksin Covid-19

Lansia divaksin Covid-19 di Puskesmas Jati, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Cakupan proses vaksinasi pada sejumlah golongan sasaran di Kabupaten Kudus kini mencapai 13,6 persen. Atau, sudah ada sebanyak 17.327 orang dari total target yakni 127.063 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi mengatakan dari jumlah tersebut, terdiri dari  3.788 golongan lansia, 7.137 golongan pelayanan publik, dan 6.402 tenaga kesehatan.

“Sehingga total adalah 17.327 orang. Jumlah tersebut adalah yang sudah tervaksin pada dosis pertama,” katanya, Senin (15/3/2021).

Sementara pada dosis kedua, lanjut Andini, jumlah orang yang telah melakukan vaksinasi adalah sebanyak 9.111 orang. Dengan rincian 3.339 pelayanan publik dan 5.772 tenaga kesehatan.

“Memang masih banyak yang belum karena sejumlah alasan,” ujar dia.

Andini menyebut, salah satu alasannya adalah karena jarak vaksinasi pertama ke vaksinasi kedua belum mencapai syarat yakni dua pekan. “Untuk dosis kedua, kami menyesuaikan dengan pasokan vaksin dari provinsi, sudah kami perhitungkan,” terangnya.

Untuk saat ini sendiri, lanjut dia, golongan penerima vaksin pada tahap kedua ini adalah para masyarakat Kudus yang bekerja di sektor pelayanan publik ditambah dengan lansia.

Untuk petugas pelayanan publik sendiri, Kudus memiliki target sebanyak 52.660 sasaran. Sementara untuk golongan lansia, Kudus memiliki target sebanyak 68.901 sasaran.

“Sementara untuk nakes, pada tahap pertama sudah mencapai target dan melebihi. Di mana target yang dibebankan adalah sebanyak 5.502 sasaran tapi kami lakukan vaksinasi pada 6.402 tenaga kesehatan,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...