Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wartawan Jepara Jalani Vaksinasi Covid-19 Kedua, PWI Pastikan Tak Ada KIPI

Salah satu wartawan menjalani pemeriksaan tekanan darah sebelum divaksin Covid-19. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara– Para wartawan Jepara yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara, menjalani vaksinasi Covid-19 untuk dosis kedua. Pelaksanaannya dilakukan di RSUD Kartini Jepara, Senin (15/3/2021), dan berjalan dengan lancar.

Sebanyak 15 anggota PWI Kabupaten Jepara, masuk dalam daftar penerima vaksin Covid 19, dalam program vaksinasi tahap kedua, yang digelar pemerintah.

Ketua PWI Jepara Budi Santoso menyatakan, sebenarnya jika didasarkan masa 14 hari selang waktu pemberian vaksin, seharusnya pada Kamis (11/3/2021) sudah menerima vaksinasi dosis kedua. Namun pihak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, menunda penjadwalan pemberian vaksin dosis kedua ini pada hari Senin (15/3/2021). Proses ini akhirnya bisa dilaksanakan oleh para wartawan di sela-sela bekerja.

“Kami tidak mengetahui secara pasti mengapa akhirnya jadwal pemberian vaksin Covid-19 dosis kedua ditunda sampai hari ini. Mungkin, pada Kamis (11/3/2021) itu, bertepatan dengan hari libur nasional. Sehingga tidak ada petugas yang melayani. Sehingga semua jadwal hari itu ditunda hingga hari ini,” ujar Budi Santoso, Senin (15/3/2021).

Dijelaskan oleh Budi Santoso, PWI Kabupaten Jepara mendapatkan kehormatan karena akhirnya masuk dalam daftar penerima vaksin Covid-19 tahap kedua yang dilaksanakan Pemkab Jepara. Wartawan anggota PWI Jepara yang didaftar jumlahnya sebanyak 15 orang dari sejumlah media massa.

Sejumlah wartawan Jepara bersiap melakukan vaksinasi. (MURIANEWS/Budi Erje)

Dari pelaksanaan vaksinasi yang sudah dilakukan, untuk pemberian dosis kedua masih ada dua orang wartawan yang tertunda pemberian vaksinnya. Namun dipastikan, hari berikutnya, pemberian dosis kedua akan dilakukan.

“Semua wartawan anggota PWI Jepara, alhamdulilah sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua. Semuanya lancar, dan tidak mengalami masalah apapun. Tidak ada yang merasakan adanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imuniasasi-red) pada tubuh mereka. Bagus kami kira,” tambah Budi Santoso.

Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua di Ruang Wijaya Kusuma RSUD Kartini Jepara, juga diikuti oleh sejumlah pegawai di lingkungan Setda Jepara dan Diskominfo Jepara. Sebanyak 199 orang diberikan vaksinasi dosis kedua di RSUD Kartini Jepara, Senin (15/3/2021). Pelaksanaannya dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Sekretaris Dinas DKK Jepara, Moh Ali menyatakan, proses pelaksanaan vaksinasi tahap kedua untuk dosis kedua, saat ini masih terus berlangsung. Dalam dua pekan ini diharapkan sudah bisa selesai pelaksanaannya.

Untuk penundaan pemberian vaksin dosis kedua yang dialami oleh para wartawan dan sejumlah pegawai, menurutnya tidak ada masalah. Sesuai dengan ketentuan, interval waktu minimal adalah 14 hari. Jika dilaksanakan lebih dari 14 hari tidak ada masalah.

“Justru kalau interval waktunya kurang dari 14 hari, malah tidak diperkenankan. Kalau lebih tidak apa-apa. Jadi tenang saja ya,” ujar Moh Ali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...