Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Habib Musthofa bin Habib Ja’far Assegaf Meninggal saat Baca Maulid, Prosesi Pemakaman Hanya Keluarga Inti

Foto: dok Majelis Nurul Musthofa

MURIANEWS, Jakarta – Kabar duka kembali menghinggapi Umat Muslim di Tanah Air. Alhabibul Mahbub Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia Minggu (14/3/2021) semalam dan akan dimakamkan di sekitar area Masjid Nurul Musthofa, Cilodong, Depok sehabis Zuhur hari ini (15/3/2021).

Kabar meninggalnya Habib Musthofa bin Habib Ja’far Assegaf ini dikabarkan langsung Ustaz Yusuf Masur melalui akun Instagramnya. Dalam postingannya tersebut, Habib Musthofa meninggal saat baca maulid.

“Ya Allah Inna lillah, yuk kawan-kawan doain Habib Musthofa bin Habib Ja’far Assegaf, wafatnya lagi baca maulid,” tulis Ustaz Yusuf Mansur, Senin (15/3/2021).

Ustaz Yusuf Mansur juga mem-posting video Hassan Jafar Umar Assegaf yang mengabarkan meninggalnya Alhabibul Habib Mahbub Musthofa.

Baca: Jenazah Habib Ja’far Dimakamkan di Ploso Kudus, Sejumlah Jalan Ditutup

Sementara itu, dikutip dari detik.com, para jemaah yang melakukan taziah sudah mulai berdatangan sejak pukul 09.30 WIB, Senin (15/3/2021). Ratusan personel TNI-Polri juga sudah berjaga-jaga di sekitar area masjid.

Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan ada ratusan personel yang diturunkan dalam prosesi pemakaman Habib Musthofa. “Totalnya sekitar 120 ya. ya, TNI-Polri yang turun hari ini,” tutur Isrok.

Para jemaah yang hadir terlihat tertib. Mereka juga disediakan tempat parkir sekitar 500 meter dari Masjid Nurul Musthofa untuk menghindari kerumunan.

Petugas kepolisian juga mengimbau para jemaah mematuhi protokol kesehatan. Jemaah yang datang langsung diarahkan untuk mencuci tangan di depan gerbang masuk Masjid Nurul Musthofa.

Baca: Kisah Habib Ja’far Alkaff yang Prediksi Masa Depan Gus Dur Jadi Presiden

Polisi juga memberikan masker kepada jemaah yang lupa membawanya. Selain itu, jemaah dicek suhu tubuh.

Selain itu, polisi telah berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait prosesi pemakaman Habib Musthofa. Hanya keluarga inti yang diperbolehkan berada di area pemakaman.

“Tadi malam sudah kami laksanakan koordinasi, mungkin hanya keluarga yang inti saja,” ujar Kapolres Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, Senin (15/3/2021).

Di samping itu, kata Imran, lokasi pemakaman juga tak begitu luas. Sehingga, dia mengimbau para jemaah yang hadir cukup mendoakan dari luar area pemakaman.

Baca: Tiap Hari Makam Habib Ja’far Alkaff Tak Pernah Sepi dari Peziarah

“Karena juga kalau di makam kalau kita lihat kan itu kecil. Jemaah biar berdoa saja di luar. Itu suda kita sampaikan,” ucapnya.

Dia mengatakan kepolisian akan menerapkan protokol kesehatan. Polisi juga menyediakan masker bagi pelayat yang hadir namun lupa membawanya.

“Ini kan masa pandemi, jadi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan kita tetap melaksanakan prokes, kita membantu membagikan beberapa masker, mungkin ada pelayat ya g lupa menggunakan masker, kita tetap berikan,” kata dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...