Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jembangan Coffee, Sajikan Olahan Kopi Perpaduan Aneka Buah Lokal di Kudus

Aneka olahan kopi dipadu dengan buah ala Jembangan Coffee and Resto (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Di lereng pegunungan muria banyak coffee shop yang menyajikan olahan kopi yang memanfaatkan biji kopi lokal muria. Salah satunya Jembangan Coffee and Resto yang berada di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Tak hanya memanfaatkaan kopi lokal, di sana juga menawarkan aneka kopi yang dipadu dengan buah – buahan yang juga hasil pertanian lokal asal lereng muria. Olahan kopi tersebut yakni Avo Coffee (Kopi Alpukat), Banana Coffee (Kopi Pisang) dan Parijoto Coffe (Kopi Parijoto).

Owner Jembangan Coffe and Resto Supriyo mengatakan, olahan kopi asli muria dirinya padukan dengan buah – buahan lokal muria, seperti, Alpukat Muria, Pisang Byar, dan Parijoto Muria. Buah tersebut menurutnya sangat mudah didapatkan di lereng pegunungan muria.

“Buah lokal lereng Muria memang sengaja kami pakai, untuk meningkatkan potensi dan memberdayakan hasil pertanian petani lokal. Khususnya di Desa Japan,” katanya.

Proses pembuatan kopi alpukat dan kopi pisang, lanjut dia, buah alpukat atau buah pisang sebelumnya dihaluskan dengan menggunakan blender. Kemudian dicampurkan dengan kopi muria pilihan yang sudah diolah dengan cara modern.

“Karena bahan baku utamanya langsung buah, kopi alpukat dan kopi pisang hanya bisa disajikan secara dingin,” jelasnya.

Pengunjung menikmati kopi di Jembangan Coffee and Resto (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Sementara untuk kopi parijoto bisa disajikan secara panas atau dingin. Pasalnya, pihaknya menggunakan parijoto yang sudah diolah menjadi sirup untuk dibuat kopi parijoto.

“Kalau kopi parijoto pakainya memang buah parijoto asli namun sudah dibuat sirup. Dan dicampurkan ke kopi robusta muria,” ungkapnya.

Aneka olahan kopi dengan dipadu dengan buah – buahan itu dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Pengunjung bisa menikmati aneka kopi tersebut dengan hanya merogoh kocek mulai Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu.

Selain itu, saat berkunjung ke Jembangan Coffe and Resto, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya udara dan indahnya pemandangan perbukitan argo jembangan yang bisa terlihat jelas dari restoran tersebut.

Sementara salah seorang pengunjung Chabibah (23) mengaku, baru pertama kali menikmati kopi yang dipadu dengan buah – buahan. Kala itu, dirinya yang datang bersama keluarga memesan kopi pisang.

“Rasa kopi dan pisangnya itu bisa balance (imbang), ternyata enak sekali. Baru pertama kali ini coba kopi ini. Disini juga pemandangannya sangat bagus, bisa lihat pegunungan dengan jelas ucapnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...