Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Layaknya Pemilu, Hasil Pemilihan Ketua OSIS SMP 2 Kudus Ini Ada Quick Countnya

Pemantauan hasil real count pemilihan ketua OSIS SMP 2 Kudus secara daring. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Di masa pandemi, SMP 2 Kudus menggelar pemilihan ketua OSIS secara daring. Uniknya pemilihan tersebut langsung bisa diketahui hasilnya dengan perhitungan suara secara quick count yang akan terus update ketika ada siswa yang memilih.

Ada lima siswa calon ketua dalam pemilihan tersebut, yakni Najwa Hendarto, Keysha Anggun NL, Rifqi Sabastian Tito, Viandara Maulida dan Andra Lugas N. Mereka semua merupakan siswa kelas delapan.

Kepala ekolah SMP 2 Kudus Sujarwo mengatakan, penyelenggaraan di tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena masa pandemi memang dituntut harus lebih berinovasi. Penerapan quick count juga diharapkan bisa memberikan pembelajaran demokrasi.

“Demokrasi yang adil ini bisa jadi pembelajaran bagi siswa, tidak ada paksaan ataupun pengelompokan.  Sebanyak 824 siswa berhak memilih dan melakukan pemilihan dari rumah masing-masing. Calon ketua OSIS juga sudah menyampaikan visi-misi secara daring,” katanya, Sabtu (13/3/2021).

Sementara Ketua Pemilihan Fashna Iftirosyana menjelaskan, kondisi pandemi memang tidak bisa mendatangkan seluruh siswa ke sekolahan.Di sisi lain pemilihan ketua OSIS harus tetap berjalan.

“Kami menggunakan office 365, dengan link yang sudah dikirim oleh masing-masing wali kelas kepada siswa,” katanya yang juga menjabat sebagai Ketua OSIS 2020-2021.

Setelah mendapatkan link dari masing-masing wali kelas, siswa bisa membuka link tersebut dan memilih calon ketua OSIS yang sudah ada. Menurutnya cara ini memang sangat efektif diterapkan agar siswa bisa tetap belajar demokrasi meski dimasa pandemi.

“Di sini selain kami yang melakukan pemantauan, para siswa di rumah juga bisa memantau hasil real count dari rumah masing-masing melalui channel Youtube official SMP 2 Kudus. Di sana tertera grafik perolehan suara masing-masing calon,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...