Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mandiri Sejak Kecil, Dara Cantik di Kudus Ini Biayai Kuliah dari Nyanyi dan Jadi Barista

Kania Chandra Kirana Kinaldy saat melayani pembeli di Kedung Coffee, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kania Chandra Kirana Kinaldy terbiasa hidup mandiri sejak kecil. Dia bahkan membiayai sekolah hingga kuliah dengan kerja kerasnya menjadi barista dan penyanyi.

Kania, sapaan akrabnya itu sejak SD sudah mendapatkan beasiswa dari Djarum Foundation. Berlanjut saat duduk di bangku SMP hingga melangsungkan kuliah S1 Ilmu Hukum semester enam ini, dia tidak pernah merepotkan orang tuanya.

“Sejak 2016 sudah mulai ngisi nyanyi di acara wedding dan di kafe. Beberapa kali ngejob di Kudus, Demak, Pati, Jepara, dan Semarang,” katanya, Sabtu (13/3/2021).

Sekali manggung, dara kelahiran Kudus, 21 Desember 2000 itu mendapatkan honor Rp 400 hingga Rp 500 ribu. Jumlah itu bisa lebih, bergantung pada durasi waktu saat nyanyi.

“Nyanyi ya masih sampai sekarang. Tapi karena pandemi agak sepi. Tapi sekarang juga nyambi jadi barista. Ya masih belajar juga sih sebenarnya,” ujar dia.

Pengalaman menjadi barista dijajal oleh anak pertama dari dua bersaudara sejak enam bulan yang lalu. Dia bekerja di Kedung Coffee Kudus.

“Awalnya ngelamar kasir. Tapi kalau di sini kan harus bisa semua. Mulai dari masak, jadi pelayan, dan kasir,” jelasnya.

Kendati baru enam bulan menjadi barista, perempuan yang doyan makan cemeding itu sudah terbiasa menyajikan beragam menu. Seperti latte ice, Vietnam drip, kopsu, dan beragam minuman lainnya.

Dari kerja kerasnya itu, sampai duduk di bangku kuliah saat ini, Kania tidak pernah merepotkan orangtuanya soal biaya pendidikan. Kegigihannya itu bakal diterapkannya terus menerus.

“Ingin terus tanggungjawab. Apalagi saya kan punya adik. Ayah bunda juga selalu bilang kalau tidak punya harta untuk diwariskan. Tapi ayah bunda mewariskan ilmu dan kemampuan untuk berjuang,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...