Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Salut, Para Pemuda di Kudus Ini Keliling Beri Makan Kucing-Kucing Jalanan

Aksi salah satu pemuda memberikan makan kucing jalanan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Aksi belasan pemuda relawan dari berbagai kalangan di Kudus ini patut diacungi jempol. Mereka memberikan makan kucing-kucing jalanan yang selama ini tak terurus di sejumlah titik di Kota Kretek, Kamis (11/3/2021).

Aksi tersebut diberi nama “Feed Not Bom Kudus” yang berarti memberi makan bukan bom (atau kekerasan). Aksi tersebut sering disebut juga street feeding.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan belasan pemuda tersebut dibagi menjadi dua tim. Tim pertama menyusuri jalan-jalan perkampungan sebelah utara, sedangkan tim kedua menyusuri jalan perkampungan sebelah selatan Menara Kudus.

Dengan berjalan kaki secara sabar mereka mencari kucing-kucing jalanan untuk diberi makan dan minuman susu.

Tak jarang, seekor kucing pun nampak takut saat mereka hampiri, namun setelah para relawan pergi, terlihat dari kejauhan nampak kucing berdatangan menuju ke makanan dan susu yang sudah dipersiapkan di sebuah wadah.

Heri mengatakan, aksi tersebut bentuk kepedulian terhadap kucing jalanan. Sebab, menurutnya tak hanya manusia yang patut diperhatikan, namun makhluk hidup lain seperti kucing jalanan juga perlu diperhatikan.

“Di sini (Kudus) tidak ada anjing liar, adanya kucing makanya kami pilih kucing. Sebenarnya kegiatan ini spontan dan tanpa paksaan. Siapa yang mau ikut boleh ikut, boleh menyumbang berupa makanan boleh juga berupa uang,” katanya.

Kali ini, hasil dari patungan sejumlah relawan, mereka berhasil mengumpulkan 15 kg pakan kucing kering dan 15 liter susu kotak yang diberikan kepada kucing jalan.

“Ini aksi pertama kami. Sebenarnya awalnya cuma ngobrol ingin aksi berbagi saat pandemi tapi sama hewan. Ke depan nanti ya belum tahu kayak apa, intinya asal mau kita siap,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...