Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Libur Isra Miraj, Kawasan Menara Kudus Juga Mulai Dipadati Peziarah

Peziarah mulai memadati kawasan Menara Kudus dan mematuhi prokes. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Di hari libur yang bertepatan dengan momen Isra Miraj yang jatuh pada Kamis (11/3/2021) hari ini, di makam Sunan Kudus atau Menara Kudus mulai terlihat peziarah berdatangan.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan nampak sejumlah tukang foto di kawasan Menara Kudus menawarkan jasa foto kepada peziarah. Meski hanya, sebagian peziarah yang datang masih warga lokal.

Salah satunya yakni Noor Salim warga Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Ia mengatakan, di momen Isra Miraj ini dirinya bersama rombongan keluarga besar sengaja ziarah ke Makam Sunan Kudus. Dan setelah itu akan dilanjutkan ke Sunan Muria.

“Ini tadi rombongan pakai elf pribadi. Ya ngalap berkah saat Isra Miraj ini, pengajian juga belum diperbolehkan,” katanya saat ditemui di Kawasan Menara Kudus.

Menurutnya dirinya lebih memilih untuk berziarah di seputaran Kota Kretek, daripada melakukan wisata ke sejumlah daerah lain lantaran kondisi masih pandemi. “Wisata luar daerah kan juga ada yang masih ditutup. Mending untuk ziarah saja,” ungkapnya.

Sementara salah seorang tukang foto di Kawasan Menara Kudus Masruri menyatakan, memang di bulan Rajab biasanya peziarah banyak yang berdatangan. Namun kondisi tersebut menurutnya belum bisa normal seperti sebelum adanya pandemi.

“Tapi alhamdulillah Isra Miraj hari ini tadi lumayan ramai, meski memang bisa dikatakan belum stabil. Yang pakai jasa foto juga lumayanlah tadi dari jam 08.00-09.00 WIB saya sudah dapat tiga orderan,” jelasnya.

Ia pun berharap pandemi corona segera usai, peziarah juga diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan agar wisata bisa kembali normal.

“Kalau seperti ini (semua patuh prokes) jadi enak, saya juga bisa mencari rezeki di sini. Semoga pandemi bisa segera usai, karena biasanya momen sebelum ramadan pasti ramai,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...