Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

SMKN Jateng Kembali Buka Pendaftaran Sekolah Gratis, Disiapkan 264 Kursi

Siswa SMKN Jateng memasuki asrama. Sekolah ini berkonsep gratis untuk siswa miskin berprestasi. (MURIANEWS.com)

MURIANEWS, Semarang – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Jawa Tengah membuka pendaftaran untuk siswa baru tahun ajaran 2021/2022. Dalam periode kali ini disiapkan 264 kursi untuk siswa miskin berprestasi.

Nantinya mereka yang lolos seleksi akan menjalani pendidikan secara gratis sampai lulus, dan tinggal di asrama. Kuota 264 kursi itu terbagi di tiga kampus SMKN Jateng yakni di Kampus 1 Kota Semarang, Kampus II Pati dan Kampus III Purbalingga.

Di Kampus I Kota Semarang 120 siswa, Kampus II di Pati 48 siswa dan Kampus III di Purbalingga 96 siswa. Kepala SMK Negeri Jateng Kampus I Semarang Sriyono mengatakan, periode pendaftaran telah dimulai pada 8 Maret hingga 30 April 2021.

Hingga Rabu (10/3/2021) kemarin, tercatat ada ribuan peminat dan 160 pendaftar yang mengunjungi di laman pendaftaran http://ppdb.smknjateng.sch.id.

“Sekolah ini digagas oleh Pak Gubernur Ganjar Pranowo, untuk memutuskan rantai kemiskinan melalui pendidikan. Karena dengan pendidikan, kesejahteraan masyarakat pun akan berubah,” ujarnya.

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menanggung seluruh biaya pembelajaran, dari mulai pendaftaran hingga lulus. Tidak hanya itu, seluruh biaya hidup anak didik SMK Negeri Jateng pun ditanggung APBD, mulai dari asrama, makan minum hingga seragam.

Terkait proses seleksi atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kini dilakukan secara daring. Mengingat, wabah Covid-19 yang belum mengizinkan proses tatap muka.

“Untuk validasi data siswa kita gunakan fasilitas video call. Lalu bagaimana jika calon siswa tak punya handphone?, Kami bisa melakukan kroscek dengan menghubungi HO ketua RT, lingkungan sampai lurah yang dalam form pendaftaran sudah dicantumkan,” sebut Sriyono.

Hal itu berlaku pula dengan pembelajaran yang masih menggunakan daring. Baik melalui aplikasi temu daring yang sudah umum, dan aplikasi SiJuna (Sistem Jurnal Pembelajaran).  Dengan SiJuna, guru bisa memonitor siswa yang mengikuti pembelajaran atau absen.

“Jika ditemukan ada kesulitan belajar dan kesulitan hidup harus bantu keluarga, maka akan dilanjutkan dengan home visit. Selain itu, kami juga telah memberikan bantuan 27 unit HP, baik yang tidak punya atau peningkatan spesifikasi,” urainya.

Jadwal kegiatannya yakni pendaftaran online melalui website http://ppdb.smknjateng.sch.id pada 8 Maret-30 April 2021, unggah hasil scan berkas asli 8 Maret-30 April. Kemudian seleksi tahap I administrasi dan validasi berkas (online) 8 Maret-2 Mei,  pengumuman seleksi tahap I (administrasi) 3 Mei 2021.

Seleksi tahap dua yang terdiri dari tes akademik (online) dan penilaian bonus prestasi dilakukan pada 5-6 Mei 2021. Pengumuman hasil seleksi tahap dua dilakukan pada 10 Mei, dan dilanjutkan seleksi tahap tiga (psikotes, kesehatan dan kebugaran) pada 24-25 Mei.

Verifikasi dan validasi data keadaan calon peserta didik secara daring/online pada 7-9 Juni, pengumuman hasil seleksi tahap tiga pada 14 Juni, daftar ulang peserta didik pada 15-17 Juni.

Siswa yang lolos akan masuk asrama pada 11 Juli 2021, untuk kemudian mengikuti orientasi peserta didik baru pada 12-16 Juli, dan hari pertama pembelajaran pada 12 Juli.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...