Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bakal Rekrut 1.300 Karyawan, PT Senjin Fashion Indonesia Prioritaskan Warga Pati

Bupati Pati Haryanto saat melakukan tinjauan produksi PT Senjin Fashion Indonesia (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto meninjau langsung uji coba produksi PT Senjin Fashion Indonesia yang berlokasi di Margorejo. Dalam tinjauan itu, dirinya mengaku perusahaan tersebut bakal menampung banyak tenaga kerja hingga 1.300 karyawan.

Haryanto mengatakan, banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan merupakan hal yang membanggakan. Apalagi, selama masa pandemi ini banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu, pengusaha juga sudah berjanji bakal meprioritaskan tenaga kerja dari Pati sendiri.

“Ini suatu kebanggaan kami selaku kepala daerah, karena rakyat kami bisa bekerja,” katanya, Rabu (10/3/2021).

Manajer HRD PT Sejin Fashion Indonesia Widodo Setiabudi mengatakan, pabrik garmen dan sepatu asal Korea Selatan ini berencana merekrut 1.300 karyawan pada tahun 2021 ini. Namun, hingga saat ini yang sudah diterima kerja baru 570 orang.

“Sebanyak 90 persen merupakan warga Pati. Adapun 10 persennya merupakan tenaga ahli dari luar daerah, antara lain Bandung. Target tahun ini kami rekrut 1.300 karyawan,” paparnya.

Dia menambahkan, saat ini pabrik sudah mulai melakukan uji coba produksi. Untuk sementara baru memproduksi bagian upper sepatu merek New Balance.

Upper sepatu itu untuk dikirim ke Jepara dan Serang. Sementara ini kami belum produksi sol. Tapi rencananya nantinya kami akan produksi sepatu jadi,” ungkapnya.

Widodo menyebut, setiap pekan mereka melakukan rekrutmen pegawai. Karena memang mereka masih membutuhkan banyak karyawan untuk bagian operator produksi, quality control (QC), staf gudang, dan lain-lain.

“Untuk kualifikasi operator, kami dahulukan yang berpengalaman, baik di garmen maupun sepatu. Kami prioritaskan untuk warga sekitar, yang penting ada kemauan bekerja pasti bisa,” kata dia.

Kendati mereka mengutamakan calon pegawai berpengalaman, pintu tetap terbuka lebar bagi pelamar yang belum berpengalaman.

“Semua akan kami latih, yang penting ada kemauan bekerja dengan baik. Pegawai yang sudah kami rekrut pun mayoritas belum bisa. Baru 20 persen yang sudah pengalaman,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...