Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satgas Pastikan Belum Ada Kasus Corona B117 di Kudus

Ilustrasi (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kudus belum menemukan adanya pasien terkonfirmasi corona jenis B117 di Kota Kretek. Justru, angka penularan corona kini mengalami penurunan.

Satgas Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi memastikan hal tersebut. Hanya memang, pihaknya tetap meminta masyarakat Kota Kretek untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Seperti mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dengan baik dan benar, serta menjaga jarak di lokasi kerumunan.

“Saat ini belum ada laporan (B117), hanya harus tetap prokesnya dijaga,” ucap Andini, Rabu (10/3/2021).

Untuk gejalan corona B117 sendiri, kata Andini, hampir sama seperti gejala Covid-19 pada umumnya. Hanya memang yang paling menonjol adalah adanya ruam pada kulit.

“Seperti ISPA dan gangguan pencernaan juga hampir sama gejalanya dengan Covid-19 yang biasa,” ujarnya.

Karena itulah masyarakat diminta untuk tidak lengah dan terbuai dengan angka penurunan kasus aktif. Karena naik atau turunnya kasus aktif saat ini masih sangat berfluktuasi.

Terlebih, Kabupaten Kudus belum memiliki alat khusus untuk mendeteki virus corona jenis baru tersebut.

“Kudus hanya punya RT-PCR yang mendeteksi ada atau tidaknya virus corona di spesimen. Tapi tidak bisa mengkategorikan itu virus B117 atau tidak,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah kasus aktif di Kudus kini mulai menurun 4,77 persen dalam satu bulan terakhir. Keterisian ruang isolasi rumah sakit juga hanya berada di angka 18 persen saja.

Sementara untuk kasus kesembuhan, mengalami kenaikan 4,7 persen dan angka kematian mengalami penurunan sebesar 0,06 persen.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...