Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pulihkan Ekonomi Terdampak Pandemi, APBD Kudus Kembali Direfocusing

Kantor BPPKAD Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali me-refocusing anggaran pada APBD 2021 ini. Dengan total anggaran yang direfocusing sebesar 22 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, anggaran dari refocusing, akan kembali digunakan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Ini instruksi dari pemerintah pusat, kalau tidak dilaksanakan, Dana Alokasi Umum (DAU)nya tidak cair,” ucap Eko, Rabu (10/3/2021).

Oleh karena itu, pihaknya bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tengah berkoordinasi untuk memetakan OPD mana saja yang dipilih untuk di-refocusing anggarannya. Guna dimasukkan ke pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Tiap OPD, lanjut dia, juga diminta untuk melakukan pencoretan kegiatan yang dianggap kurang menjadi prioritas atau tak terlalu genting.

“Kami serahkan ke mereka (OPD), kegiatan mana saja yang bisa di-refocusing. Selanjutnya kami tindak lanjuti bersama TAPD,” terangnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, para OPD saat ini memang harus dituntut untuk memetakan kegiatan dengan skala prioritas terlebih dahulu.

“Karena keadaannya seperti ini, jadi harus tau mana yang penting dan didahulukan,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...