Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Hadirkan WA Center, Urusan Menikah di Jepara Semakin Mudah

Salah seorang petugas menunjukkan banner WA Centre untuk pelayanan nikah di Pakisaji Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, melakukan trobosan baru dalam pelayanannya. Sebagai perpanjangan tangan Kementrian Agama Kabupaten Jepara, KUA Pakis Aji menghadirkan layanan Whats App (WA) Center guna mempermudah pelayanan bagi warga di kecamatan Pakis Aji Jepara.

Dengan layanan WA Center ini, warga dapat memaksimalkan teknologi komunikasi untuk kebutuhan pelayanan dalam administrasi urusan agama.

Kepala KUA Pakis Aji, Samsul Arifin menyatakan, layanan WA Centre bisa digunakan untuk beberapa layanan. Di antaranya meliputi pendaftaran, pengesahan, dan pencatatan nikah dan rujuk, pendaftaran dan penerbitan akta, ikrar dan wakaf, suscatin, bimbingan zakat, infak dan shodaqoh.

Kemudian juga pembinaan wakaf, bimbingan manasik haji dan berbagai pelayanan lainnya. Layanan WA Center, dilakukam sebagai  tindak lanjut atas kebijakan program aplikasi Sistem Manjemen Nikah (Simkah) yang digagas oleh Subdit Pemberdayaan KUA Direktorat Urais dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, di KUA Pakis Aji Jepara.

Samsul juga menjelaskan, layanan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat di wilayah Kecamatan Pakis Aji, dalam mengakses data maupun melakukan pendaftaran kegiatan masyarakat yang menjadi tugas fungsi KUA, tanpa harus datang ke kantor KUA.

Melalui layanan ini, ada sedikitnya ada 19 informasi yang dapat diakses. Di antaranya adalah  informasi mengenai tahapan layanan nikah, persyaratan umum nikah,daftar nikah online dan . jadwal nikah. Kemudian juga rekomendasi nikah, nomor statistik masjid/musholla, legalisir, masuk islam, surat keterangan, konsultasi, dan wakaf. Selnjutnya juga informasi tentang  penyuluh agama islam,  biaya nikah, info pengembalian pnbp,  info haji, protokol nikah,  sighot ijab qobul, id daftar tamu, dan daftar pegawai KUA.

“Jadi masyarakat di Wilayah Pakis Aji bisa memanfaatkan layanan ini. Caranya cukup dengan menghubungi nomer WA 0812-9805-0824, masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai layanan di KUA. Tidak perlu datang ke kantor KUA. Ini juga sejalan dengan upaya penanganan covid 19,” ujar Samsul Arifin, Selasa (9/3/2021).

Layanan ini juga mendukung upaya pemerintah dalam meminimalkan penyebaran Covid-19, khususnya di kecamatan Pakis Aji, kabupaten Jepara.  Samsul arifin juga berharap agar informasi ini dapat menyebar luas di masyarakat sehingga manfaatnya lebih optimal. Bagi masyarakat yang ingin menghubungi admin, cukup dengan mengetik 999 melalui Live WA Massage.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Muh Habib menyambut baik atas peningkatan layanan KUA Pakis Aji ini. Aplikasi ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan pelayanan terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Oleh karena itu, Kemenag Jepara berharap program ini perlu dikembangkan di seluruh KUA di Kabupaten Jepara, sebagai bagian pelayanan prima KUA dan KUA berintegritas.

“Selamat dan sukses untuk  Bapak Samsul selaku Kepala KUA Pakis Aji, semoga KUA-nya semakin maju dan berprestasi. Silahkan warga masyarakat yang memerlukan layanan di KUA kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, dapat menghubungi  WA Center di 0812-9805-0824, dan akan menemukan berbagai layanan informasi,” ujar H Muh Habib.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...