Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kena Refocusing Anggaran, Desain Mal Pelayanan Publik Kudus Berubah

Lokasi calon dibangun mal pelayanan publik Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tahun ini menargetkan pembangunan mal pelayanan publik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pada awalnya, anggaran yang disiapkan sekitar Rp 12 miliar.

Namun, karena refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19, anggaran untuk pembangunan mal yang digadang bakal jadi bangunan yang megah nan indah tersebut kini tersisa Rp 6,3 miliar saja.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, adanya refocusing anggaran akan berdampak pada desain dari bangunan tersebut. Sejumlah detail diubah karena minimnya anggaran.

“Seperti basement yang semula ada kini tidak ada, padahal lahan parkir sangat minim. Tapi nanti tetap ada gerai untuk pelaku usaha,” katanya, Selasa (9/3/2021).

Bangunan tersebut sendiri, kata Hartopo, akan memiliki dua lantai namun dengan tingkat kekuatan konstruksi mencapai tiga lantai. Hal tersebut dikarenakan pihaknya akan membangun mal pelayanan publik secara bertahap.

“Untuk tahun ini kami anggarkan segitu dulu, tahun depan akan dibangun kembali,” ujar dia.

Walau demikian, pihaknya memastikan bangunan yang akan dibangun pada tahun ini tersebut sudah bisa digunakan untuk pelayanan publik. “Bangunan tersebut sudah bisa digunakan untuk melayani, sementara untuk isi dari gedung tersebut akan dianggarkan sendiri,” katanya.

Pihak Pemkab Kudus sendiri akan segera melakukan pembukaan lelang untuk proyek tersebut. “Tentunya sesuai sistem, sesuai mekanisme, dan sesuai aturan yang berlaku,” tegas Hartopo.

Untuk diketahui, Pemkab Kudus memang menargetkan pembangunan mal pelayanan publik pada tahun 2021 ini. Pembangunan mal pelayanan publik tersebut, dilakukan di lingkungan kantor Sekretariat Daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kudus Revlisianto Subekti mengatakan, dengan adanya mal pelayanan publik tesebut diharapkan bisa memberikan kemudahan berusaha di daerah.

Perizinannya, kata dia, akan lebih mudah dan cepat jika adanya perpaduan pelayanan dari semua OPD di Kudus dengan instansi yang terkait.

Sementara yang akan bertugas membangun bangunan adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus. “Karena berada di pusat kota, jadi mudah di akses masyarakat, yang membangun nanti Dinas PUPR,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...