Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Dapat Tambahan 1.040 Vaksin Covid-19 untuk Pelayan Publik, Tapi Masih Kurang

Petugas menyiapkan vaksin Covid-19 sebelum disuntikkan. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Mundrikatun menyatakan, Kabupaten Jepara mendapatkan tambahan 1.040 dosis vaksin Sinovac. Tambahan ini diperuntukkan untuk pelayan publik yang menjadi fokus vaksinasi tahap dua.

“Saat ini Jepara mendapatkan tambahan 1.040 vaksin. Sebelumnya kami sudah mendapatkan 10 ribu vaksin,” katanya.

Dengan tambahan ini jumlah vaksin yang tersedia untuk tahap kedua ini mencapai 11.040 dosis. Meski begitu jumlah teesebut masih kurang. Ini mengingat sesuai data, jumlah orang yang akan divaksin mencapai 36.324 orang.

“Jadi, meski mendapatkan tambahan lagi, namun jumlah ini masih tetap belum bisa mencukupi kebutuhan. Di tahap kedua ini jumlah orang yang akan divaksin mencapai 36.324 orang. Jadi masih kurang banyak,” ujar Mundrikatun.

Ia menyebutkan, secara keseluruhan, Pemkab Jepara sudah mendapatkan 19.880 dosis vaksin. Pada vaksinasi tahap pertama, Pemkab Jepara sendiri mendapatkan pasokan dosis vaksin Sinovac sebanyak 8.840 dosis.

Sedangkan untuk kebutuhan vaksinasi Covid pada tahap kedua jika disesuaikan dengan jumlah sasaran yang diajukan, maka Jepara membutuhkan dua kali 36.324 atau 72.648 dosis vaksin Covid-19.

“Untuk kegiatan vaksinasi tahap kedua, saat ini sudah sudah terpakai 4.399 dosis vaksin. Mereka yang divaksin baru menjalani satu kali dosis penyuntikan, dan baru pada pekan-pekan ini akan menjalani penyuntikan vaksin dosis kedua,” terangnya.

Sementara, secara keseluruhan, di Jepara sudah ada 8.992 orang yang divaksin Covid-19. Sebanyak 4.593 orang telah divaksin sebanyak dua kali di tahap pertama vaksinasi. Sedangkan sisanya sebanyak 4.399 orang sudah divaksin, namun baru satu kali dosis penyuntikan.

“Untuk pemberian dosis kedua vaksinasi untuk program tahap kedua vaksinasi, akan dimulai lagi pada pekan ini. Kami berharap semuanya berlangsung dengan lancar, dan tidak ada kendala apapun. Sehingga program ini bisa selesai sesuai dengan target waktu yang ditetapkan,” tambah Mundrikatun.

Ia menambahkan, untuk kekurangan vaksin, pihaknya masih menunggu droping dari Pemerintah Pusat. Sedangkan vaksin yang sudah ada, akan diberikan pada mereka yang dari sisi skala prioritas paling membutuhkan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...