Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

12.844 Warga Kudus Telah Divaksin Covid, Tempati Posisi Dua se-Jateng

Salah satu lansia yang divaksin di Puskesmas Jekulo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 12.844 warga di Kabupaten Kudus telah menjalani proses vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua, terhitung sejak pelaksanaan awal vaksinasi pada 25 Januari 2021 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dr Andini Aridewi merincikan, untuk jumlah warga yang telah menerima vaksin pada dosis pertama adalah sebanyak 12.844 orang.

Rinciannya, adalah sebanyak 6.315 tenaga kesehatan, kemudian 6.455 pelayan publik, dan sebanyak 74 lansia. Sementara pada dosis kedua, ada sebanyak 5.272 orang.

“Itu data per 6 Maret 2021, hari ini akan bertambah lagi,” katanya, Senin (8/3/2021).

Dari capaian tersebut, kata dia, Kabupaten Kudus pun berada di posisi dua karena memiliki angka serapan vaksinasi terbanyak kedua di Jateng. Sementara posisi pertama ditempati Kota Semarang.

“Sementara jika di eks-Karisidenan Pati, Kudus yang paling tinggi,” ujarnya.

Sementara sampai saat ini, pihaknya masih menunggu tambahan vaksin untuk proses vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Kudus. Di mana pada tahap tersebut, menyasar pegawai publik dan lansia.

“Data sementara Kudus dapat alokasi tambahan sebanyak 1.215 vaksin, akan kami tindak lanjuti lagi,” jelasnya.

Untuk jumlah sasarannya, ada sebanyak 121.561, rinciannya 68.901 lansia, 52.440 petugas publik, dan 5.502 tenaga kesehatan.

Golongan lanisa di Kabupaten Kudus mulai dilakukan vaksinasi pada Senin (8/3/2021) awal pekan ini. Pelaksanaannya sendiri, dilakukan di masing-masing puskesmas wilayah setempat.

Kepala puskesmas Jekulo dr Emy Ruyanah memaparkan,  hari ini ada sebanyak 60 lansia yang mendaftar untuk divaksinasi. Namun ada sebelas lansia yang batal untuk disuntik.

Alasannya, adalah karena menderita hypertensi atau darah tinggi. “Jadi kami lakukan vaksinasi pada 49 lansia dan lancar semua,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...