Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

618 Pendaftar Pilkades Serentak Pati Masuk Tahap Verifikasi

Ilustrasi.

MURIANEWS, Pati – Proses pendaftaran bakal calon kepala desa serentak sudah berakhir pada Sabtu (6/3/2021) lalu. Saat ini, pihak panitia pun mulai memeriksa berkas para pendaftar.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Pati Sukardi mengatakan, dari data yang masuk sudah ada 618 bakal calon yang mendaftar. Jumlah tersebut adalah keseluruhan dari 219 desa yang menyelenggarakan pilkades.

Namun, ada satu desa yang terpaksa diperpanjang proses pendaftarannya, yakni Desa Durensawit, Kecamatan Kayen. Hal itu lantaran sampai pada penutupan pendaftaran, hanya ada satu orang yang mendaftar.

“Hanya ada satu orang yang daftar, sehingga kami perpanjang maksimal 20 hari ke depan,” katanya, Senin (8/3/2021).

Dia menambahkan, dalam regulasi yang ada, memang untuk calon harus lebih dari dua orang. Apabila kurang, maka pelaksanaan pilkades tidak bisa dilakukan. Bahkan bisa saja mengikuti pada pilkades gelombang berikutnya.

Lebih lanjut, untuk yang sudah mendaftarkan diri, pihak panitia akan melakukan verifikasi berkas yang sudah dikumpulkan. Termausk dalam hal ini berkas pendukung yang menyatakan tidak pernah diancam dengan pidana lebih dari lima tahun.

“Kami verifikasi dulu, setelah itu kami lanjutkan dengan tahapan klarifikasi,” terangnya.

Setelah tahap klarifikasi, tahapan selanjutnya adalah penetapan bagi bakal calon yang menjadi calon dalam pilkades. Setelah itu baru kemudian dilakukan pengumuman calon kades.

“Semua ada tahapannya. Untuk yang satu desa sadi, sebisa mungkin jangan sampai lebih dari 20 hari,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...