Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Lansia di Kudus Mulai Divaksin Covid-19, Targetnya 68.901 Orang

Proses vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Puskesmas Jati, Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah orang dengan kategori lanjut usia (lanisa) di Kabupaten Kudus mulai dilakukan vaksinasi Covid-19, Senin (8/3/2021). Pelaksanaannya dilakukan di masing-masing puskesmas wilayah setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi menjelaskan, tiap-tiap puskesmas ditargetkan bisa melakukan vaksinasi Covid-19 pada lansia sebanyak 70 orang per hari.

“Karena memang data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ada 68.901 lansia, kami lakukan secara bertahap,” katanya.

Sementara untuk tenaga kesehatan (nakes) lansia, lanjut Andini, sudah mulai dilakukan vaksinasi pada pekan lalu. Dengan total saat ini ada sebanyak 79 nakes lansia. “Kami lakukan sesuai alokasi vaksinnya,” ujarnya.

Walau demikian, Andini menyebut, proses vaksinasi di Kabupaten Kudus tergolong tinggi. Atau setidaknya di bawah Kota Semarang yang menduduki posisi pertama dengan serapan vaksinasi tinggi di Jawa Tengah.

“Sementara jika di eks-Karesidenan Pati, Kudus yang paling tinggi,” sambungnya.

Sementara sampai saat ini, pihaknya masih menunggu tambahan vaksin Covid-19 untuk proses vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Kudus. Di mana pada tahap tersebut, menyasar pelayan publik dan lansia.

“Untuk jumlah sasarannya, ada sebanyak 121.561, rinciannya 68.901 lansia, 52.440 petugas publik, dan 5.502 tenaga kesehatan,” tandas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...