Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hati yang Selamat Ala Gus Miftah dalam Mujahadah Dzikrul Ghofilin Bareng PR Sukun

Tangkapan layar Gus Miftah dalam Mujahadah Dzikrul Ghofilin malam Ahad pahing, Sabtu (6/3/2021). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Yogyakarta – KH Miftah Maulana Habiburohman atau yang akrab disapa Gus Miftah menggelar pengajuan rutin bertajuk Mujahadah Dzikrul Ghofilin Malam Ahad Pahing di Ponpes Ora Aji Tundan Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/3/2021) malam.

Pengajian rutin yang didukung PR Sukun ini disiarkan live streaming di Youtube Gus Miftah Official.

Kendati digelar secara daring, tidak mengurangi antusiasme warganet untuk menyaksikan tausiyah dari Gus Miftah. Sebanyak 1.564 viewer melihat acara yang digelar secara virtual itu.

Kanal YouTube Gus Miftah Official turut dibanjiri komentar positif dari warganet yang ingin mendengarkan tausiyah.

Mujahadah malam ini membahas tentang hati yang selamat. Menurut Gus Miftah, hati yang selamat itu yang di dalamnya terdapat Allah SWT.

“Hati yang selamat yang di dalamnya terdapat Allah SWT. Ibadah akan menjadi ringan ketika ingat ada Allah SWT,” katanya.

Gus Miftah menyebut, ketika hati sudah menyukai hal-hal baik, maka sesakit apapun kondisi fisik tidak akan terasa. Lebih lanjut, menurutnya saat ini banyak seseorang yang fisiknya baik tetapi tidak dengan rohaninya.

“Orang kalau hatinya baik, walaupun fisiknya pas-pasan tetap akan terlihat baik. Maka minta ke Allah yang diperbaiki itu tidak hanya fisiknya tetapi juga rohaninya,” ujar dia.

Di sesi ceramahnya itu, Gus Miftah juga menjelaskan maksud dari dzikrul ghofilin. Yakni memiliki makna zikirnya orang lupa. Sebab, terkadang orang berzikir tetapi tidak sinkron.

“Terkadang ada yang berzikir, mulutnya membaca takbir atau tahlil. Tetapi tubuhnya tidak sinkron dengan mulutnya. Padahal, zikir itu harus ada kesesuain antara mulut dan hati. Karena sesungguhnya berzikir itu untuk menbuat hati menjadi tenang,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...