Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pantang Makan Gorengan dan Minum Es, Jadi Jurus Kayla Sabet Juara Solo Vokal Nasional

Kayla Felisiana Istanti. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Suara merdu dengan pembawaan yang mendalam pada setiap liriknya saat menyanyikan lagu, membuat salah seorang siswa di Kudus ini berhasil menyabet gelar juara solo vokal 2021 yang diadakan Al – Azhar Jakarta akhir Februari lalu.

Ia adalah Kayla Felisiana Istanti (13), siswi kelas tujuh SMP 1 Kudus. Meski di masa pandemi tak menyurutkan semangatnya untuk meraih prestasi.

Ia mengaku saat mengikuti kompetisi tersebut membawakan lagu “Tanya Hati” yang dipopulerkan oleh Pasto untuk menarik hati dewan juri. Menyanyi juga sudah menjadi hobi yang disukainya semenjak kecil.

“Pastinya ya senang bisa juara pertama, ya tidak menyangka. Kemarin itu pengumumanya hari Sabtu (27/3/2021),” katanya, Kamis (4/3/2021).

Saat mengikuti kompetisi, dirinya beradu dengan 39 peserta dari seluruh SMP di Indonesia. Kemudian setelah dilakukan penilaian hanya ada sepuluh finalis yang berhasil melanjutkan ke babak selanjutnya.

“Kalau awal itu kirim video saat nyanyi. Setelah sepuluh finalis terpilih, itu kompetisinya menyanyi secara live daring,” ungkap warga Desa Sunggingan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu.

Selain berlatih dengan guru musik di sekolah, dirinya juga mengikuti les musik di Semarang dan Kudus untuk terus mengasah teknik vokalnya.

Menurutnya ada beberapa pantangan yang harus dijalankan untuk menjaga suaranya agar tetap jernih dan merdu saat melantunkan lirik lagu. Seperti tidak mengonsumsi gorengan hingga minum air dingin.

“Sudah setahun lebih saya tidak makan gorengan dan minum es. Kalau sebelumnya masih nyuri-nyuri minum es. Tapi ini sudah sadar diri biar suaranya tetep bagus ya tetep itu harus dijaga. Kalau pengin minum es biasanya tinggal ngadem cari tempat yang ber- AC,” jelasnya.

Tak heran, pantangan yang sudah dilakukannya tersebut pun membuahkan hasil. Dirinya sudah sering kali mengikuti dan menjuarai kompetisi olah vokal.

“Kalau prestasi ya sudah banyak puluhan. Tapi juara satunya itu dua kali ini, yang dulu itu lomba macapat,” tandas putri dari pasangan suami istri Sri Wijayanti dan Gunawan Isdianto.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...