Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

TKI Penyintas Corona B117 Mudik ke Brebes, Ganjar: Delapan Kontak Erat Jalani Isolasi

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Satu TKI dari Arab Saudi penyintas corona B117 (corona Inggris) berinisial A pulang ke kampung halamannya di Brebes usai mampir dari rumah orang tuanya di Karawang, Jawa Barat. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya telah melakukan tindakan agar virus corona jenis baru ini tak menyebar di wilayahnya.

Ganjar mengatakan, delapan orang yang mempunyai kontak erat dengan TKI itu di Brebes telah diperiksa. Mereka juga menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat.

“Sudah dilakukan tracing. Kurang lebih ada delapan orang yang berhubungan erat dan sudah dites semuanya pagi tadi,” katanya, Kamis (4/3/2021).

Hasil dari pemeriksaan itu menurutnya telah dikirim ke Jakarta. Sehingga hasilnya baru akan didapatkan beberapa hari lagi.

Sambil menunggu hasil tesnya, Ganjar mengatakan bahwa mereka saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Isolasi juga dijaga dengan ketat. Namun dirinya berharap, mereka bisa dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat.

“Syukur-syukur kalau mau, mereka nanti dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat, tadi saya juga sudah kontak dengan Sekda Brebes dan sudah diberikan laporan semuanya,” kata Ganjar.

Pihaknya juga langsung meminta Sekda Brebes agar Satgas Covid-19 di Brebes mempercepat proses tracing dan memastikan mereka yang kontak erat langsung diisolasi.

“Tapi enggak perlu ditakut-takuti, yang penting dipantau saja dibantu segala sesuatunya agar nyaman,” ujarnya.

Informasi yang didapatkanya, TKI berinisial A itu telah menjalani isolasi, sebelum bertolak ke Tanah Air. Setibanya di Jakarta juga langsung diisolasi, dan ketikadites hasilnya positif.

Setelah menjalani karantina di Jakarta, TKI berinisial A itu sudah dinyatakan negatif, dan mampir ke Karawang ke rumah orang tuanya sebelum kembali ke Brebes.

Terlepas dari itu, Ganjar mengimbau agar masyarakat tak hanya di Brebes tetap menjaga kedisiplinan protokol kesehatan. Sehingga, penularan dapat dicegah sembari percepatan proses vaksinasi pada lansia yang berisiko tinggi terpapar.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...