Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polisi Petakan 50 Desa Penyelenggaraan Pilkades Serentak Pati Rawan Bencana dan Konflik

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at saat pemaparan peta kerawanan Pilkades (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Polres Pati mulai memetakan desa penyelenggara pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dikategorikan rawan dan aman. Apalagi, saat ini sudah memasuki proses pendaftaran bakal calon.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengatakan, dari 219 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak, setidaknya 50 desa yang rawan bencana dan konflik. Namun, itu sifatnya masih sementara lantaran pelaksanaan masih sebulan.

“Ada 169 desa yang masuk dalam kriteria aman. Namun, ada juga yang rawan banjir. Tapi saat pelaksanaan, semoga tidak terjadi banjir,” katanya, Kamis (4/3/2021).

Lebih lanjut, untuk desa yang rawan nantinya akan diterjunkan personel lebih banyak. Sementara untuk yang kategori aman, akan menyesuaikan keadaan.

Untuk personel sendiri, pihaknya akan menerjunkan maksimal, yakni 1.603 personel. Tidak hanya dari Polres Pati tetapi juga meminta bantuan personel dari luar daerah.

“Dari Polres Pati ada 898 personel, kemidian sisanya kami ambilkan dari polres Rembang, Blora, Kudus, Grobogan dan Jepara,” imbuhnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan pilkades dapat berjalan dengan kondusif. Sebab, semuanya adalah saudara, jangan sampai ada perseteruan.

“Harus menjaga kondusifitas bersama. Jangan sampai terjadi kegaduhan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...