Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pandemi, Program Transmigrasi untuk Warga Kudus Belum Berjalan

Warga menyambangi Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus. (MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pandemi Covid-19 saat ini masih belum berakhir. Hal ini membuat program transmigrasi bagi warga Kudus tahun ini belum berjalan.

Menurut Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus, Bambang Santoso, belum ada informasi mengenai program itu tahun ini.

“Saat ini masih pandemi. Kami dari daerah kan mengacunya ke provinsi. Biasanya kami diberi tahu. Tapi sampai saat ini belum ada informasi,” katanya, Kamis (4/3/2021).

Menurut dia, saat ini situasi masih belum memungkinkan. Sebab, pandemi Covid-19 masih belum mereda.

“Kalau tetap diadakan transmigrasi pasti membutuhkan anggaran juga karena harus swab test juga,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan di tahun 2019 lalu untuk Kota Kretek ada sembilan KK yang minat untuk mengikuti program transmigrasi. Namun, mereka baru tahap verifikasi dan seleksi.

“Tujuannya ke Kalimantan. Tapi itu belum pemberangkatan. Kemudian setelah itu kan ada pandemi Covid-19 sampai sekarang,” terangnya.

Kendati belum ada kejelasan program, dia menjabarkan beberapa persyaratan kepada masyarakat yang hendak mengikuti program transmigrasi. Beberapa di antaranya meliputi persyaratan administrasi.

“Yang pertama itu harus punya minat dulu. Kemudian membuat surat pernyataan berkenan berada di tempat tujuan transmigrasi selama beberapa tahun,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...