Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

RS Mardi Rahayu Kudus Kini Miliki Mesin MRI 1,5 Tesla, Jadi Rujukan Kabupaten Lain

Plt Bupati Kudus HM Hartopo bersama Direktur RS Mardi Rahayu dr Pujianto saat meninjau mesin MRI dari luar ruangan, Kamis. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Salah satu rumah sakit di Kabupaten Kudus kini memiliki mesin Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla. Mesin tersebut, diklaim memiliki fungsi lebih ampuh dari mesin dengan kegunaan serupa seperti rontgen, CT-Scan dan alat kesehatan lainnya.

Alat MRI 1,5 Tesla sendiri, kini dimiliki oleh Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus dan mulai dioperasikan, Kamis (4/3/2021) hari ini.

Direktur Utama RS Mardi Rahayu dr Pujianto mengatakan, alat tersebut bekerja menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan gambaran struktur dan organ dalam dari tubuh manusia.

Pemeriksaan mesin tersebut, diklaim aman karena tidak menggunakan radiasi sinar X. Namun, tetap bisa menghasilkan gambaran yang lebih jelas dan detail.

“MRI sangat baik untuk mendeteksi kelainan pada jaringan lunak seperti otak, saraf tulang belakang, payudara, sendi, juga organ dalam tubuh lainnya seperti hati, ginjal, rahim, atau prostat,” ucap Puji usai peresmian mesin MRI di RS Mardi Rahayu.

Soal biaya, sambung dia, masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan MRI tidak perlu khawatir dengan pembiayaannya. Hal tersebut dikarenakan RS Mardi Rahayu telah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk penjaminan pelayanan MRI bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Jadi pasien dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Grobogan, Blora dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Semarang bila membutuhkan pemeriksaan MRI,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya mesin MRI ini, pelayanan kesehatan di RS Mardi Rahayu dan Kabupaten Kudus bisa semakin berkembang lebih baik lagi.

“Kami yakin, pelayanan kesehatan di Kudus akan semakin maju dengan hadirnya MRI 1,5 Tesla ini,” tandasnya.

Sementara Pelaksana Tugas Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan, adanya mesin MRI 1,5 Tesla di Kabupaten Kudus akan menambah pelayanan kesehatan di Kota Kretek lebih maju lagi.

Untuk ke depan, pihaknya akan berupaya mendatangkan mesin yang sama untuk ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus agar pelayanan kesehatannya semakin komplit.

“Jadi swasta dan negeri bisa sama-sama komplitnya,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...