Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Ada Anggaran, Job Fair Virtual di Kudus Batal Digelar

Warga melihat papan informasi lowongan kerja di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Job fair virtual  yang rencananya digelar Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kudus tahun ini batal diselenggarakan. Penyebabnya karena tidak adanya anggaran.

Sedianya penyelenggaraan job fair virtual tahun ini menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Namun, karena adanya perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 sumber dana dari DBHCHT tidak dapat dianggarkan untuk ketenagakerjaan.

“Untuk anggaran yang bersumber dari DBHCHT lebih digunakan untuk kegiatan seperti pemberantasan cukai ilegal dan hal lain yang berhubungan dengan industri dan keterampilan buruh rokok,” kata Kabid Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus Bambang Santoso, Rabu (3/3/2021).

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya,  alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk job fair sekitar Rp 75 juta. Namun, untuk saat ini menurut dia APBD yang tersedia minim. Sehingga job fair virtual tahun ini dipastikan batal digelar.

Kendati begitu, penyampaian informasi terkait lowongan kerja tetap akan diusahkan olehnya lewat media sosial dan papan informasi yang terdapat di kantor Disnaker Perinkop dan UKM.

Selain itu pihaknya juga mempersilahkan masyarakat jika ada yang ingin bertanya soal lowongan kerja dengan cara datang langsung ke kantor Disnaker Perinkop dan UKM.

Pengamatan MURIANEWS di Instagram @Penta_disnakerperinkopukmkudus terdapat beberapa lowongan kerja yang ditawarkan. Informasi lowongan kerja terbaru di-update pada 6 Februari 2021.

“Tetap kami upayakan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi lowongan kerja. Kalau ada info loker akan kami sampaikan di medsos dan papan informasi yang ada di kantor dinas,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...