Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bantu Anak-Anak Belajar di Tengah Pandemi, Mahasiswa KKN Unisnu di Tahunan Jepara Buka Bimbel Gratis

Mahasiswa KKN Unisnu ,emberikan bimbingan belajar di Desa Tahunan. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Banyaknya anak-anak yang belum melakukan pembelajaran secara tatap muka membuat mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara yang melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tahunan, Jepara, melakukan sejumlah trobosan. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan bimbingan belajar (Bimbel) gratis.

Kegiatan bimbel ini merupakan salah satu progam kerja dari Kelompok 2 KKN Unisnu, yang bermitra dengan Perpustakaan Desa (Perpusdes) Tahunan. Bimbel juga sudah dimulai tanggal 1 Maret 2021 lalu setiap hari Senin sampai Sabtu di Perpusdes.

Ketua Kelompok 2 KKN Unisnu Fathiyaturrahmah menjelaskan, bimbel ini diarahkan untuk membantu anak-anak usia sekolah untuk bisa memahami beberapa mata pelajaran mereka. Pembelajaran daring yang saat ini masih dilakukan, jelas menimbulkan berbagai kendala, termasuk pada soal pemahaman anak-anak sekolah terhadap mata pelajaran mereka.

“Sistem daring yang saat ini dilaksanakan sudah pasti memiliki banyak kendala. Sehingga bisa saja membuat pemahaman murid terhadap pelajaran menjadi tidak optimal. Karena itu kami menggelar kegiatan Bimbel bagi anak-anak usia sekolah di desa Plajan,” ujar Fathiyaturrahmah, Rabu (3/3/2021).

Pihaknya menyatakan sangat gembira, karena sambutan baik yang diberikan warga atas kegiatan ini. Hal ini bisa dilihat dari jumlah anak yang mengikuti bimbel di posko, yang semakin bertamabah banyak dalam beberapa hari terakhir.

Pihaknya juga berharap, bimbel ini bisa membantu anak-anak untuk memahami pembelajaran di sekolah. Paling tidak, mahasiswa KKN bisa membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh para guru saat ada di sekolah.

“Bimbel yang diadakan bukan hanya pendidikan yang bersifat pengetahuan formal saja. Akan tetapi, anak-anak juga diajari pengetahuan seperti belajar Bahasa Inggris dan lainnya. Salah satu tujuan Bimbel ini adalah untuk meningkatkan minat belajar anak-anak. Caranya dengan memberikan bantuan dalam mengatasi kesulitan anak-anak dalam proses pembelajaran,” tambah Fathiyaturrahmah.

Sementara itu, Petinggi Desa Tahunan, Muhadi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan para mahasiswa. Kegiatan pendampingan pembelajaran seperti ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Kegiatan mereka juga memperkuat salah satu program dari Desa Tahunan, yang ingin membangkitkan membangkitkan budaya gemar membaca bagi anak-anak di desa Tahunan. Karena lokasi kegiatannya di Perpusdes, maka sedikit banyak, juga mengenalkan kepada masyarakat mengenai budaya gemar membaca.

“Mudah-mudahan dengan adanya Bimbel ini, anak-anak bisa lebih memahami pelajaran yang mereka belum kuasai dari proses belajar daring mereka. Walaupun dilakukan dengan santai, kegiatan Bimbel ini mudah-mudahan bisa membantu meningkatkan minat belajar anak-anak,” ujar Muhadi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...