Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dukung Pembangunan Olahraga, Jepara Diharapkan Punya Perda Keolahragaan

Anggota KONI Jepara bersama insan olahraga mengikuti FGD yang digelar KONI Jepara, Selasa (2/3/2021). (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara diharapkan memiliki Peraturan Daerah (Perda) keolahragaan untuk mendukung proses-proses pembinaan prestasi olahraga di Kota Ukir. Hal tersebut tercetus saat Focus Grup Discusion (FGD) di Gedung Shima, Jepara, Selasa (2/3/2021).

FGD yang digelar dengan sistem daring itu menghadirkan Wakil Ketua Umum KONI Jawa Tegah Bona Ventura Sulistiana, Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Asisten I Setda Jepara Dwi Riyanto dan Ketua KONI Jepara Samsul Anwar.

Ketua KONI Jepara, Syamsul Anwar mengatakan, sistem  keolahragaan nasional memiliki pegangan hukum pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 dan PP 16 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Di Jepara, implementasi terhadap aturan ini dinilai belum berjalan dengan optimal. Dalam hal ini, diperlukan dasar hukum turunan berupa perda untuk lebih mendukung  implementasi pembinaan olahraga yang berkelanjutan.

Jepara sendiri, pada saat ini sudah memiliki 44 pengurus cabang olahraga. Namun, harus diakui proses pembinaannya belum bisa dilakukan secara menyeluruh dan maksimal, sesuai dengan prinsip-prinsip pembinaan yang diharapkan.

Dengan adanya perda ini diharapkan untuk masalah kebijakan dan penganggaran olahraga di Jepara bisa mendapatkan perhatian yang lebih baik, dan mendapatkan landasan-landasan kerja yang lebih jelas.

“KONI Jepara akan mencoba terus fokus pada pembinaan olahraga yang terencana, terpadu, berjenjang dan berkelanjutan. Untuk itu dibutuhkan sebuah sinergitas dari semua pihak untk bisa melaksanakan pembinaan yang  sistematis, terpadu, terarah, dan terprogram serta berkelanjutan,” ujar Samsul Anwar, dalam kesempatan itu.

Sementara itu, Waketum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan FGD yang digelar KONI Jepara ini. Dari hasil diskusi ini pihaknya berharap ada gagasan, ide dan semangat bersama didalam upaya membangun olahraga di Kabupaten Jepara.

Saat ini sudah ada beberapa daerah yang sudah memiliki Perda Olahraga. Di antaranya Kota Semarang, Pati, Demak dan Boyolali.

“Kalau Jepara akhirnya menyusul, ya tentu akan sangat baik sekali. Hal ini akan membuat baik bagi keolahragaan Jepara ke depan. Meskipun, ada rencana revisi undang-undang Keolahragaan, saya kira prosesnya tetap sudah bisa dimulai untuk Jepara. Perda kan nanti tinggal menyesuaikan,” kata Bona Ventura.

Sedangkan Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif menegaskan, DPRD Jepara menyatakan sangat mendukung gagasan ini. Jika memang akan memberi sebuah kemajuan bagi olahraga Jepara, maka keberadaan Perda Keolahragaan, dipersilahkan untuk dirintis pembuatannya.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Asisten I Setda Jepara, Dwi Riyanto yang hadir mewakili Bupati Jepara. Pemerintah Kabupaten Jepara siap memberika dukungan penuh apa yang menjadi program KONI Jepara. Pembangunan olahraga memang membutuhkan sinergi vertikal dan horizontal untuk membawa agar menjadi lebih baik.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...