Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Razia Lapas Pati, Petugas Temukan Handphone dan Senjata Tajam

Petugas saat melakukan razia di kamar tahanan (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati kembali melakukan razia di kamar tahanan. Tak berlangsung lama, petugas menemukan sejumlah barang terlarang yang seharusnya tidak boleh ada dalam kamar tahanan.

Kepala Lapas Pati Febie Dwi Hartanto mengatakan, razia ini memang sengaja dilakukan untuk menetralisir kondisi kamar. Dari pengalaman sebelumnya, ada beberapa narapidana (napi) yang diketahui membawa handphone.

Dalam razia kali ini, pihaknya berhasil menemukan delapan handphone, dua power bank, 12 kabel data, 13 charger, kabel listrik 10 meter, dua kipas kecil, tujuh buah korek gas dan besi sepanjang 50 sentimeter.

“Selain itu, kami juga menemukan enam buah senjata tajam seperti pisau dan cutter,” terangnya

Dia menambahkan, untuk kamar yang dilakukan razia adalah di Blok C kamar 14 Lapas Pati.

Dia mengungkapkan, ada banyak modus yang digunakan para napi agar dapat memasukkan barang-barang tersebut ke dalam kamar. Hal itu terkadang dilakukan melalui kunjungan. Bahkan ada juga yang melemparkan dari luar pagar lapas.

“Berbagai cara. Karena itu, kami perketat saat kunjungan, barang yang dibawa oleh pengunjung juga kami periksa terlebih dahulu,” imbuhnya.

Barang hasil razia tersebut, saat ini masih diinventarisir oleh petugas. Sementara nantinya, barang tersebut akan dimusnahkan.

“Semua akan kami musnahkan. Barang-barang ini seharusnya memang tidak boleh ada di lapas,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...