Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Fenomena Hujan Es Bikin Heboh Warga Temurejo Grobogan

Butiran es yang jatuh di Desa Temurejo, Grobogan bersamaan dengan turunnya hujan deras. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Suasana Desa Temurejo, Kecamatan Karangrayung, Grobogan mendakak heboh saat turun hujan deras, Senin (1/3/2021). Gara-garanya, hujan yang turun kali ini berbeda dengan biasanya karena diselingi jatuhnya butiran es.

Meski hanya berlangsung singkat, namun fenomena alam berupa hujan es tersebut masih jadi bahan pembicaraan warga setempat.

Bahkan, sebagian warga ada yang mengabarkan kejadian itu lewat media sosial.

“Iya, mas. Ada hujan es di kampungku. Sampai saat ini, adanya hujan es tadi masih jadi bahan ngobrol warga,” kata Ridlwan, salah satu warga Temurejo.

Warga menunjukkan butiran es yang jatuh saat hujan di Desa Temurejo, Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

Ia menjelaskan, hujan deras turun sekitar pukul 14.00 WIB hingga satu jam lamanya. Bersamaan dengan hujan sempat diselingi dengan jatuhnya butiran es sebesar biji jagung selama beberapa kali.

“Butiran es yang jatuh kebanyakan kecil ukurannya dan ada yang sempat masuk ke dalam rumah warga melalui celah-celah genting. Meski demikian, ada juga sebagian butiran es yang ukurannya lebih besar hingga seukuran kelereng,” sambungnya.

Ridlwan menyebut, selain jatuhnya butiran es, hujan yang turun siang tadi juga disertai petir.

“Petirnya tadi suaranya kencang sekali dan berulang kali. Meski demikian, hujan deras tadi tidak disertai angin kencang,” jelasnya.

Ia menyatakan, fenomena hujan es tersebut sebelumnya sudah pernah terjadi. Tapi kejadiannya sudah lama.

“Dulu pernah ada hujan es, sekitar lima tahun lalu. Tapi lebih lama yang hujan es tadi siang,” sambung pegawai Dinas Pertanian Grobogan itu.

Ridlwan menambahkan, selain di desanya, fenomena hujan es kabarnya juga sempat turun di wilayah sekitar. Termasuk di beberapa desa yang masuk wilayah Kecamatan Gubug bagian timur.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...