Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Ajukan Rp 2,7 Miliar untuk Penataan Pantai Kartini dan Bandengan ke Pusat

Pantai Bandengan, menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat di Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengajukan anggaran Rp 2,7 miliar untuk pembenahan dan penataan fasilitas di dua tempat wisata ke pemerintah pusat. Dana tersebut akan digunakan untuk penataan Pantai Kartini dan pembangunan Tourism Information Centre (TIC) di Pantai Bandengan, Jepara.

Kabid Destinasi Wisata pada Disparbud Jepara, Nur Zuhruf menjelaskan, anggaran tersebut akan dimintakan ke Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk pembangunan TIC, Pemkab Jepara memperkirakan butuh dana kurang lebih sekitar Rp 600 Juta.

Kemudian untuk penataan sarpras di kawasan Pantai Bandengan, direncanakan akan menelan biaya kurang lebih Rp 1,3 miliar. Sementara untuk penataan sarpras di Pantai Kartini diperkirakan akan membutuhkan biaya sekitar Rp 1,4 miliar.

“Bersama dengan desain pembangunannya, anggaran ini akan kami sampaikan ke Pemerintah Pusat. Tinggal nanti apakah disetujui apa tidak, kami masih akan menunggu kabar baik dari pemerintah pusat,” ujar Nur Zuhrub, Senin (1/3/2021).

Dijelaskan juga, sebenarnya sudah ada beberapa desain yang sudah diusulkan. Namun belum ada keputusan mengenai desain yang akan dipilih, karena masih perlu dibicarakan lebih lanjut bersama pihak terkait.

Ada beberapa pihak yang harus diminta pendapatnya terkait hal ini. Di antaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Bupati Jepara, serta stake holder lainnya.

Pengajuan DAK sendiri, sesuai regulasi sudah akan disampaikan pada Maret ini. Dari pemerintah pusat biasanya pada April sudah memberikan informasi berapa dana yang bisa diberikan untuk rencana ini. Jika memang disetujui, maka pada Agustus 2021 ini sudah bisa dimulai pelaksanaan pembangunannya.

“Saat ini, untik desain sudah ada beberapa yang diajukan. Namun semua desain masih akan dikaji sebelum nanti dipilih mana yang akan dipakai, dan disampaikan ke Pemerintah Pusat, bersama dengan rencana anggarannya,” tambah Nur Zuhrub.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...