Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

KPU Jepara Lanjutkan Pemutahiran Daftar Pemilih

KPU Jepara saat menggelar rapat pemutakhiran daftar pemilih. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Proses pemutahiran data pemilih tahun 2021 masih terus dilanjutkan Komisi Pemilihan Umum) Jepara. Pemutahiran data pemilih untuk periode Febuari, sudah dilaksanakan oleh KPU Jepara, pada pekan lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang menjadi program KPU.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menyatakan, masih dalam situasi pandemi Covid-19, Rapat Koordinasi pemutahiran data pemilih ini dilaksanakan dengan sistem daring. Secara daring, rapat ini juga melibatkan seluruh stake holder terkait, diantaranya Bawaslu Jepara, Wakil dari Partai Politik, Disdukcapil, Bagian Tata Pemerintahan Setda Jepara, Polres Jepara dan Kodim 0719/Jepara.

Subchan Zuhri juga menjelaskan, pemutahiran data pemilih merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan KPU dan seluruh jajarannya. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021, KPU di seluruh Indonesia harus melaksanakan kegiatan pemutahiran data ini. KPU dimasing-masing tingkatan harus melaksanakan Rakor ini bersama seluruh stake holder terkait.

“Landasan hukumnya memang sedikit mengalami perubahan. Namun yang pasti kami wajib melakukan pemutahiran data pemilih. Kalau dulu melalui Rapat Pleno, maka sekarang ini pemutahian data pemilih dilaksanakan dengan menggunakan forum rapat koodiniasi dnegan stake holder terkait,” ujar Subchan Zuhrie, Senin (1/3/2921).

Anggota KPU Kabupaten Jepara yang membawai Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Muntoko dalam kesempatan yang sama mengajak masyarakat Kabupaten Jepara dan seluruh stakeholder untuk berpatisipasi aktif dalam mewujudkan daftar pemilih yang berkualitas. KPU Jepara terus melakukan pemutakhiran DPB. Untuk DPB periode Februari ini merupakan hasil-hasil dari proses pemuktahiran DPB yang dilakukan di bulan Januari-Februar.

Dari hasil pemutahiran DPB periode Febuari 2021 ini, jumlah pemilih di Jepara mencapai 877.128 orang. Dari jumlah ini, ada penambahan jumlah pemilih sejumlah 355, jika dibandingkan jumlah  pemilih pada periode Desember 2020. Pada Desember 2020 jumlah pemilih yang terdata mencapai 876.773 orang.

“Kami menyediakan fitur masukan pemilih di website resmi KPU Kabupaten Jepara sebagai media partisipasi. Hasil rapat  koordinasi yang sudah dilaksanakan nantinya akan dituangkan dalam berita acara dan akan diumumkan ke dalam website resmi milik KPU Kabupaten Jepara,” ujar Muntoko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...