Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jumlah Warga Kudus Dirawat di Rumah Sakit karena Corona Tinggal 49 Orang

Tim medis saat melakukan simulasi penanganan pasien virus corona di RSUD Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien corona yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan penanganan corona di Kabupaten Kudus mengalami penurunan di awal Maret 2021 ini. Jumlahnya, kini hanya tersisa sebanyak 49 pasien.

Sementara pada akhir Febuari kemarin, jumlah pasien corona di Kabupaten Kudus yang dirawat sempat mencapai angka seratus orang lebih.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi merincikan, untuk saat ini, kasus aktif corona di Kudus kini tersisa 202 pasien. Rinciannya, adalah 49 pasien dirawat di rumah sakit, dan 153 pasien isolasi mandiri.

“Dua rumah sakit yang paling banyak merawat pasien positif saat ini adalah di RSUD Loekmono Hadi ada 15 pasien, dan RS Mardi Rahayu 17 pasien,” kata Andini, Senin (1/3/2021).

Sementara sisanya, dirawat di RSI Sunan Kudus enam pasien, RS Aisyiah empat pasien, Kartika Husada tiga pasien, dan Fasilitas kesehatan di luar Kudus tiga pasien.

“Untuk pasien isolasi mandiri dipantau oleh puskesmas setempat,” ujarnya.

Sementara total pasien sumbuh kini berada di angka 4.773 orang, dari total 5.475 kasus. “500 pasien sisanya meninggal dunia,” jelas Andini.

Walau demikian, Kabupaten Kudus kini masih memantau sebanyak 5.321 kontak erat, 30 suspek, dan 77 probable. Dari 30 suspek dalam wilayah sebayak 22 dirawat dan delapan orang isolasi mandiri.

“Sementara untuk 77 probable, semuanya meninggal dunia,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya pun berharap masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan 3M. Yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Hal tersebut dikarenakan 3M adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah penularan.

“Kami harap masyarakat tak abai akan ini, itu adalah cara ampuh untuk menangkal virus corona,” kata dia.

Para pasien yang kini tengah dirawat di rumah sakit juga terus diupayakan kesembuhannya. Oleh karena itu pihaknya berharap semua pasien yang menjalani isolasi mandiri untuk tetap bisa menerapkan isolasinya dengan maksimal. “Hal tersebut guna mencegah penularan corona yang lebih luas lagi,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...