Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Harlah NU ke-98 Hijriah, PCNU Pati Bakal Hidupkan Lumbung Nahdliyin

Suasana sarasehan HUT NU ke 98 Hijriyah di PCNU Pati (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati menggelar sarasehan Hari Ulang Tahun (HUT) NU ke-98 Hijriyah di Kantor PCNU setempat. Dalam sarasehan tersebut, lumbung nahdliyin akan menjadi perioritas.

Ketua PCNU Pati KH. Yusuf Hasyim mengatakan, lumbung nahdliyin ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya, kondisinya saat ini memang belum difungsikan lagi.

Dia menuturkan, lumbung nahdliyin ini mempunyai konsep gotong royong untuk membantu sesama. Sementara yang dikumpulkan nanti adalah padi yang kemudian dikelola secara bersama.

“Ini sebenarnya konsep sederhana dari orang Jawa. Gotong royong itu kan konsep orang Jawa. Nah, kami mengaplikasikan hal itu dalam lumbung nahdliyin. Nanti padi kekelola untuk kemaslahatan bersama,” katanya, Sabtu (27/2/2021).

Selain itu lumbung nahdliyin ini nantinya juga untuk menghidupkan roda organisasi. Terutama untuk menggerakkan roda ekonomi. Karena ini sangat penting untuk menjaga kemandirian organisasi.

Dia menilai, banyak warga nahdliyin yang berprofesi sebagai petani. Bahkan bisa dikatakan untuk di wilayah pati ini memang petani. Sehingga dengan adanya lumbung nahdliyin ini nanti akan sangat membantu. .

“Tidak hanya ditingkat kabupaten saja, tapi kalau bisa program ini nanti juga dijalankan di setiap ranting,” imbuhnya.

Dirinya berharap, dengan adanya lumbung Nahdliyin tersebut dapat meningkatkan perekonomian anggota. Bahkan kalau bisa bisa menjaga ketahanan pangan nasional.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...