Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Senilai Ratusan Juta

Barang bukti ratusan ribu batang rokok ilegal berhasil di amankan (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS,Kudus – Petugas gabungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan Bea Cukai Semarang berhasil mengamankan sebuah truk isuzu yang mengangkut rokok tanpa dilekati pita cukai senilai ratusan juta.

Penggagalan peredaran rokok ilegal tersebut dilakukan di Jalan Lingkar Selatan (Pulutan), Kota Salatiga, Selasa, (23/2/2021).

Kepada petugas sopir truk, RO mengaku, bahwa tidak mengetahui muatan yang diangkutnya berisi rokok ilegal. Dan dirinya hanya dibayar Rp 10 juta untuk mengangkut barang dari Jember menuju Jambi, Pekanbaru dan Medan.

“Saya membawa barang, karena memang butuh muatan yang harus dibawa menuju Sumatera. Saya juga tidak tahu isi muatanya apa. Pihak ekspedisi hanya bilang paket barang dan saya baru dibayar Rp 2 juta dari jumlah kesepakatan,” katanya saat pemeriksaan dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS, Jumat, (26/2/2021).

Sementara, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto mengungkapkan, penggagalan berawal dari informasi intelijen ada pengiriman rokok yang diduga ilegal akan melewati Semarang. Kemudian, petugas gabungan melakukan patroli di sepanjang ruas Tol Salatiga – Semarang dan Jalur Utama Kabupaten Semarang.

“Setelah melakukan patroli tim berhasil menemukan target di Jalan Lingkar Selatan Salatiga sekitar pukul 16.45 WIB dan kami lakukan pengecekan,” ungkapnya.

Saat pembongkaran, truk yang dikemudikan RO diketahui mengangkut rokok tanpa pita cukai senilai Rp 987,3 miliar. Yakni 59 koli rokok, dengan rincianl 968 ribu batang rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) berbagai macam merk.

“Dari ratusan ribu batang rokok yang berhasil kami amankan itu, berpotensi merugikan negara yang berhasil kami amankan senilai Rp 648,8 Juta,” ucapnya

Saat ini barang bukti ratusan ribu batang rokok beserta supir berhasil diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku peredaran, lanjut dia, bisa dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39  tahun 2008 atas perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1995 tentang cukai.

“Ancaman pidana paling singkat satu dan dan paling lama lima tahun serta denda dua hingga srpuluh ki dari nilai cukai yang seharusnya dibayar,” terangnya.

Sepanjang 2021 ini, Bea Cukai Kanwil Jateng DIY telah melakukan 49 penindakan. Total rokok illegal yang dimankan adalah 9,77 Juta batang, dengan nilai mencapai Rp 9,87 miliar dan potensi kerugian negara yang berhasil dimankan sejumlah Rp 6,41 miliar.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...