Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Stok Darah di PMI Kudus Minim, Hanya Tersisa Puluhan Kantong

Ilustrasi. (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus menginformasikan stok darah yang tersedia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus Jumat (26/2/2021) pagi. Jumlah stok darah yang tersedia dari golongan darah A, B, AB dan O masih tergolong minim, yakni kurang dari seratus kantong.

Meski demikian, masyarakat masih bisa memanfaatkannya jika ada keluarga yang membutuhkan transfusi darah.

Humas UDD PMI Kudus Praptiningsih mengatakan, secara keseluruhan stok darah yang tersedia ada 79 kantong. Rincianya, stok golongan darah A yang tersedia ada sebanyak 19 kantong.

Kemudian, stok golongan darah B yang tersedia ada 24 kantong dan stok golongan darah AB ada lima kantong. Sementara untuk golongan darah O memliki stok yang paling banyak yakni sebanyak 31 kantong.

“Puluhan stok golongan darah yang tersedia, semuanya jenis darah WB/PRC,” katanya.

PMI Kabupaten Kudus setiap harinya, juga melayani pelayanan bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kudus hingga pukul 20.30 WIB. Pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola di sejumlah lokasi yang sudah terjadwal.

“Hari ini kami ada di Balai Desa Cranggang mulai pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. Untuk Sabtu, (26/2/2021) besok, kami ada di Alun-alun Simpang 7 Kudus mulai pukul 17.00 WIB sampai 20.30 WIB,” ungkapnya.

Pihaknya juga mewajibkan masyarakat yang akan mendonorkan darahnya untuk tetap disiplin protokol keseharan 3M. Seperti, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...