Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Calon Pegawai Negeri Peserta Latsar Ditawari Magang Bersama Gubernur Jateng

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melontarkan tawaran kepada para calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari berbagai kabupaten/kota untuk magang bersama dirinya. Tawaran ini diberikan Ganjar kepada para CPNS yang saat ini mengikuti latihan dasar (latsar), Kamis (25/2/2021).

Ganjar memberi kuota lima sampai orang CPNS dari berbagai daerah agar bisa megang bersama dirinya. Ini dilakukan Ganjar saat memberikan materi jam pimpinan via Zoom pada acara Latsar CPNS Kabupaten Kota tahun 2021.

”Kira-kira kalau saya tanya gini, siapa di antara Anda yang nanti kalau ada kesempatan magang, pingin magang sama Pak Gubernur?,” tanya Ganjar yang kemudian mendapatkan respon positif dalam forum chat.

Bukan tanpa alasan, lanjut Ganjar, tawaran ini diberikan karena dirinya ingin memiliki kader PNS di kabupaten/kota dengan integritas tinggi, progresif namun tetap menjunjung ideologi bangsa.

“Saya ingin mengkader betul-betul, ada PNS masa depan, PNS milenial, dengan gaya pikiran yang progresif tapi tetap santun. Tetap menjaga nilai-nilai kebangsaan, Pancasila, pluralisme, menjaga integritas, waduh itu akan sangat luarbiasa,” ujarnya.

Dalam interaksinya dengan para peserta Latsar melalui forum chat, Ganjar bertanya, apa saja persoalan yang menyebalkan berkaitan dengan pemerintahan.

“Birokrasi lambat, Korupsi, Lelet, Jam Karet, Gratifikasi, Pungli. keren-keren-keren. Nah sekarang pertanyaan saya, kira-kira kalau kamu sudah jadi PNS, apa sih yang akan kamu lakukan setelah kamu menulis persoalanmu sendiri?,” ucap Ganjar.

Ganjar kemudian menceritakan bahwa dalam masa kepemimpinannya, tak sedikit pejabat eselon yang dipecat karena berkaitan dengan persoalan-persoalan tersebut. Ganjar berharap ketika kelak dikemudian hari dihadapkan dengan persoalan tersebut, maka mereka akan mempertahankan spiritnya.

Membaca isi forum chat, Ganjar lantas meminta pada Kepala BPSDMD Jateng Arief Irwanto agar memilih 5-10 peserta Latsar CPNS di kabupaten/Kota untuk bisa magang dengannya.

“Boleh dong temen-temen ya, dari BPSDMD Pak Arif, saya kepengin nanti di antara beberapa ini boleh magang ke saya. Saya akan berikan seterbuka mungkin dari beberapa orang, mungkin boleh 5 atau 10 orang, silahkan magang ke saya,” ucap Ganjar.

Sebagai informasi, Latsar CPNS tahun 2021 diselenggarakan secara daring. Latsar 2021 ini diikuti sebanyak 2.000 peserta CPNS dari berbagai daerah. Sehari sebelumnya, Ganjar juga membuka Latsar CPNS Pemprov Jateng 2021 yang diikuti 1.348 CPNS dan 48 OPD Provinsi Jateng.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...