Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kaya Manfaat, Keripik dari Gedebok Pisang Buatan Karang Taruna di Kudus Ini Makin Laris

Keripik Gedebog produksi Karang Taruna Ki Hajar Dewantara, Desa Undaaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Keripik Gedebog, sesuai namanya camilan ini terbuat dari bahan baku batang pohon pisang atau yang biasa disebut dengan gedebok pisang. Karang Taruna Ki Hajar Dewantara, Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kudus jadi salah satu pihak yang memproduksi keripik tersebut.

Tak hanya menjadi camilan, gedebok pisang ternyata mengandung senyawa kimia antara lain saponin, tannin dan flavanoid. Senyawa-senyawa tersebut terkenal memiliki manfaat dalam kesehatan atau bidang pengobatan.

Seperti menjadi obat diabetes, menyembuhkan anemia, hingga dapat mengatur tekanan darah. Bahkan getah dari pelepah maupun gedebok pisang juga bisa menjadi antibakteri atau handsanitizer alami.

Sekretaris Karang Taruna Ki Hajar Dewantara Dzuriya (26) mengatakan, keripik dari gedebok pisang baru diproduksi satu bulan yang lalu. Dalam pembuatanya pun pihaknya memerlukan berulang kali percobaan hingga mendapatkan olahan keripik yang pas.

“Pernah sampai buang satu plastik besar olahan keripik gedebok karena bahan baku pelepah pisangnya salah dan rasanya kurang pas dan sangat berserat,” katanya, Rabu (24/2/2021).

Anggota Karang Taruna Ki Hajar Dewantara, Desa Undaaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kudus menunjukkan keripik gedebok produksinya. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

 

Keripik proses pembuatan keripik ini memerlukan berbagai tahapan. Gedebok pisang pilihan dikupas, dipotong memanjang, dan diambil bagian dalamnya. Setelah itu, gedebok yang sudah dipotong direndam kurang lebih satu hari untuk menghilangkan getah.

“Kemudian dicuci kembali dengan air bersih dan diberi tepung kering yang sudah diberi bumbu lalu digoreng. Setelah digoreng ada juga proses penirisan minyak, baru setelah itu dipacking dan diberi bumbu rasa,” jelasnya.

Keripik dari gedebok produksi Karang Taruna Ki Hajar Dewantara, memiliki berbagai varian rasa. Mulai rasa original, bumbu balado pedas manis dan bumbu jagung manis.

“Kami jualnya itu per-bungkus berat bersih 100 gram. Satu bungkusnya kami jual Rp 9 ribu,” ucapnya

Meski baru satu bulan berjalan, keripik ini sudah mampu terjual ratusan bungkus. Pembelinya pun tak hanya dari lokal Kudus saja, bahkan keripik gedebok mampu terjual hingga Yogyakarta, Serang, Cilacap, Jakarta hingga Kalimantan.

“Proses pemasaran sementara waktu masih menggunakan WA dari teman-teman Karang Taruna dengan mengandalkan relasi-relasi yang mereka kenal. Marketplace lain seperti Facebook, Instagaram belum kami mulai,” tandasnya.

Dari data tesis dan disertasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang dilansir merdeka.com, getah gedebok pisang mengandung saponin, antakruinon dan kuinon yang bisa mengusir bakteri.

Gedebok pisang juga dianggap efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Karena kombinasi kandungannya dapat membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

Serat pada gedebok pisang mampu menjaga perut tetap sehat. Seratnya memperlambat pelepasan gula dan lemak ke dalam aliran darah, serta membantu menghilangkan lemak dari tubuh. Sehingga cocok untuk terapi untuk diabetes, karena mencegah kadar gula naik.

Kandungan zat besi dan vitamin B6 cukup baik untuk penderita anemia, karena kandungan tersebut berguna meningkatkan hemoglobin dalam darah.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...