Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Semarang Kebanjiran Lagi, Gubernur Ganjar Keliling Periksa Rumah Pompa

Gubernur Ganjar Pranowo memantau rumah pompa untuk menyedot banjir di Kota Semarang. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Banjir yang melanda Kota Semarang, Selasa (23/2/2021) kemarin menjadi perhatian banyak pihak. Terlebih banjir juga menggenani kawasan Simpang Lima dan Kantor Gubernuran di Jalan Pahlawan Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (24/2/2021) langsung keliling ke sejumlah titik banjir dan memeriksa beberapa rumah pompa. Di antaranya rumah pompa Madukoro. Ganjar sempat berbincang dengan petugas rumah pompa.

Tiga mesin pompa di tempat itu sudah dinyalakan sejak banjir sore kemarin. Ganjar sempat melihat tiga pompa menyala dengan keluaran debet air yang cukup deras mengalir ke aliran Sungai Banjir Kanal Barat. Dari situ, Ganjar. kembali melanjutkan pengecekan ke rumah pompa jembatan Mberok, Kota Lama.

Ganjar juga mengecek rumah pompa Kota Lama, yang sebelumnya enam pompa tidak difungsikan seluruhnya. Ganjar berpesan pada penjaga rumah pompa agar selalu mengawasi dan memastikan pompa terus menyala apalagi di Kota Lama masih tergenang banjir.

Sembari gowes Ganjar membelah banjir di Kota Lama Semarang. Pantauannya, banjir di Kota Lama masih cukup tinggi. Bahkan separuh sepedanya tak terlihat.

Dari Kota Lama, Ganjar meneruskan perjalanan ke arah kantor Gubernur. Ganjar meninjau, saluran yang diduga jadi sumber banjir di kantornya kemarin sore. Ganjar malah mendapat laporan bahwa tembok di belakang masjid At-Taqwa jebol.

“Ini jebol tadi malam pak? Airnya banyak? berarti yang masuk kantor juga termasuk dari sini ya?,” tanya Ganjar pada pegawai yang ada di lokasi.

Air yang menjebol tembok belakang masjid At-Taqwa disebut berasal dari saluran air yang terletak di belakang BRI. Air mengalir sangat deras hingga menjebol tembok sepanjang 1,5 meter.

Dari pantauanya, Ganjar mengatakan, banjir yang masih menggenang di Kota Lama Semarang akan segera surut.

“Kita coba cek pompanya hidup, alhamdulillah pompanya juga hidup maka kita minta untuk ditungguin. Mudah-mudahan insyaallah kalau hari ini tidak ada hujan yang lebat, mudah-mudahan udah kering. Karena pompanya jalan semuanya,” ujar Ganjar.

Baca: Kantor Gubernur Jateng Sempat Kebanjiran, Ganjar Temukan Penyebabnya

Ganjar juga telah berkoordinasi dengan BBWS dan pejabat di Pemkot Semarang untuk aktif memantau pompa-pompa yang ada. Serta memastikan tidak ada yang mati, menurut Ganjar, kondisi seperti ini akan berlangsung hingga akhir Februari nanti.

“Saya minta kondisi ini semuanya siaga, karena kemungkinan sampai dengan akhir bulan ini kita masih ada potensi seperti ini jadi siaga saja,” tegasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...