Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Digelar Terbatas, Pelantikan Gibran Jadi Wali Kota Solo Hanya Dihadiri 25 Orang

Gibran Rakabuming Raka (kanan) satu mobil dengan Teguh Prakosa, Jumat (17/7/2020). (Solopos-Kurniawan)

MURIANEWS, Solo – Pelantikan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Gedung DPRD Solo, Jumat (26/2/2021) mendatang bakal digelar terbatas. Pelantikan putra sulung Joko Widodo (Jokowi) itu hanya akan dihadiri 25 orang.

Ke-25 orang itu termasuk pasangan Gibran dan Teguh dan istri masing-masing. Istri Gibran yakni Selvi Ananda sekaligus akan dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda.

Selain itu, undangan pelantikan terdiri dari unsur Forkompimda, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kemudian Plh Wali Kota beserta istri dan mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

Pelantikan Gibran dan Teguh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo bakal dimulai pukul 08.00 WIB. Pelantikan berlangsung secara virtual karena menerapkan protokol kesehatan.

Lokasi pelantikan berubah dari rencana sebelumnya, yakni di Balai Tawangarum, Kompleks Balai Kota Solo. Hal itu sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Solo, Wahyu Kristina, mengatakan pelantikan di Gedung DPRD itu untuk efektivitas. Seusai pelantikan Gibran dan Tegug langsung lanjut dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda pidato pertama wali kota.

“Tadinya rencana pelantikan di Tawang Arum Balai Kota kemudian rapat paripurna pada 1 Maret di Gedung DPRD. Jadinya kan harus dua kali kegiatan, akhirnya provinsi mengarahkan pelaksanaan dirangkaikan menjadi satu,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Selain efektivitas, kursi di ruang paripurna DPRD Solo juga sudah ditata berjarak sehingga memenuhi protokol kesehatan. Wahyu Kristina mengatakan pelantikan akan berlangsung secara virtual. Sebagai persiapan, geladi bersih akan digelar di Gedung DPRD sehari sebelum acara.

Geladi bersih itu bersamaan dengan 17 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada 2020 lalu. “Kami hanya menunggu giliran. Hanya bedanya Pak Gubernur berkenan menyaksikan di Solo,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...