Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kisah Teguh yang Tertimbun Longsor di Menawan Kudus, Dikira Meninggal Ternyata Tidur

Teguh Setyo Pamungkas (17) terlihat santai usai tertimbun longsor yang menimpa rumahnya di Desa Menawan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus –  Longsor di delapan titik di Desa Menawan, Kecamatan Gebog Kudus, Rabu (24/2/2021) dini hari merusak dua rumah warga. Dua rumah tersebut, diketahui milik Sugiarto di Dukuh Kambangan dan Edi Santosa di Dukuh Nogosari, Menawan, Kudus.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, salah satu penghungi rumah yang tertimbun longsor di Dukuh Nogosari sempat tertimbun material.

Penghuni tersebut adalah Teguh Setyo Pamungkas (17). Dia adalah anak bungsu dari Edi Santosa (54). Ketika terjadi longsor, Teguh bersama empat anggota keluarga lainnya berada di dalam rumah dan sedang tertidur.

“Sekitaran jam tiga, kami  masih tidur semua itu,” ucap Edi Santosa di sela pembersihan longsor yang menghancurkan dapur dan kamar anaknya, Rabu siang.

Salah satu rumah yang terkena longsor di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Sebelum longsor terjadi, lanjut dia, ada suara gemuruh dari atas rumahnya. Beberapa saat kemudian, , guguran longsor sudah menimbun rumahnya di bagian kamar dan dapur.

“Saya langsung loncat kemudian melihat kamar anak saya. Saat itu saya melihat dia sudah tertimbun material dan bata rumah, saya kira sudah mati,” ujar dia.

Melihat anaknya tertimbun, Edi lantas menarik kaki anaknya tersebut. Ternyata, saat kakinya ditarik, anaknya tersebut bergerak dan masih hidup.

Teguh kemudian menggelengkan kepalanya dan berkata badannya agak lemas. “Ternyata masih hidup, cuma masih tidur,” tuturnya.

Sementara Teguh Setyo Pamungkas (17) mengaku, jika dia tidak merasakan apapun ketika tertimbun longsor dan material. Padahal, tubuhnya saat itu sudah tertimbun bata rumah dan material lainnya.

“Tidak merasa apa-apa, saat itu masih tidur,” kata dia dengan santai.

Baca: Satu Warga Sempat Tertimbun Saat Tidur, Dua Rumah Rusak Parah Kena Longsor di Menawan Kudus

Teguh pun baru mengetahui adanya longsor ketika ayahnya Edi membangunkannya dan mendapati dirinya sudah tertimbun. “Ya bangun, tidak sakit apa-apa, cuma kotor saja,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, ada delapan titik di Desa Menawan yang terjadi longsor. Dua di antaranya menimpa rumah dari warga setempat. Sementara enam sisanya berada di ruas jalan.

Untuk saat ini, enam titik longor yang berada di ruas jalan desa sudah terkondisikan. Sementara untuk kondisi dua rumah warga yang tertimbun guguran longsor, mengalami kerusakan yang cukup parah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...