Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satu Warga Sempat Tertimbun Saat Tidur, Dua Rumah Rusak Parah Kena Longsor di Menawan Kudus

Salah satu rumah yang terkena longsor di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dua rumah di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus rusak karena tertimbun longsor, Rabu (24/2/2021). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Meski demikian, satu warga sempat tertimbun guguran material longsor saat tertidur. Beruntung korban selamat dan luka yang dialami tidak terlalu parah.

Korban diketahui seorang remaja berusia 17 tahun bernama Teguh Setyo Pamungkas.

Babinsa Desa Menawan Gebog Peltu Rusmadi mengatakan, ada delapan titik di Desa Menawan yang terjadi longsor. Dua di antaranya menimpa rumah dari waga setempat. “Sementara sisanya tersebar di sejumlah titik jalan desa,” katanya.

Sejumlah warga tampak membersihkan tumpukan longsor yang menimpa rumah di Desa Menawan, Rabu (24/2/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Untuk saat ini, enam titik longor yang berada di ruas jalan desa sudah terkondisikan. Sementara untuk kondisi dua rumah warga yang tertimbun guguran longsor, mengalami kerusakan yang cukup parah. “Ada yang terkena di dapur, ada yang di kamar,” ujarnya.

Rusmadi menyebut, longsoran tersebut dikarenakan curah hujan yang tinggi di desa tersebut sejak malam hari. Sehingga ketika pukul 03.00 WIB, terjadi guguran longsor di sejumlah titik.

“Dua rumah yang tertimbun longsor terjadi sekitar pukul tiga pagi,” tandasnya.

Sementara salah satu warga yang rumahnya terkena longsor, Edi Santosa mengatakan, sebelum longsor, ada suara gemuruh dari atas rumahnya.

Baca: Kisah Teguh yang Tertimbun Longsor di Menawan Kudus, Dikira Meninggal Ternyata Tidur

Selang setelahnya, guguran longsor sudah menimbun rumahnya bagian kamar dan dapur.

“Saya langsung loncat kemudian melihat kamar anak saya dan mendapati dia sudah tetimbun material dan bata rumah, saya kira sudah mati,” ujar dia.

Melihat anaknya tertimbun, Edi lantas menarik kaki anaknya dan mendapati anaknya masih hidup. Anak Edi, kemudian menggelengkan kepalanya dan berkata badannya agak lemas. “Ternyata masih hidup, cuma masih tidur,” tuturnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...