Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Prioritaskan Normalisasi Sungai Juwana, Ganjar Ngaku Sudah Temui Dirjen Sumberdaya Air

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan kepada wartawan (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sungai Juwana yang diduga menjadi biang banjir di Pati saat ini memang membutuhkan normalisasi. Apalagi setiap musim hujan, luapan sungai tersebut banyak menggenangi rumah warga.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengaku sudah tanggap terhadap normalisasi sungai Juwana itu. Bahkan pihaknya sudah menemui Direktorat Jendral (Dirjen) Sumberdaya Air untuk memperioritaskan normalisasi sungai tersebut.

“Ini harus diperioritaskan, karena kalau tidak segera dinormalisasi, nanti (banjir) berulang terus,” katanya usai melakukan pemantauan jalan pantura di Pati, Selasa (23/2/2021).

Selain banjir, alasan lain yang juga patut dipertimbangkan adalah bahwa anak sungai Juwana ini ada 26. Sehinga semua aliran air tumpah menjadi satu di sungai Juwana.

“Karena itu saya lagi ngecek, terutama yang ada di ujung Pati, Kudus dan Pekalongan. Pekalongan ini karena tanggulnya belum tuntas, maka belum bisa. Terus ada satu sungai yang hari ini baru pengerjaan,” imbuhnya.

Untuk mengatasi hal itu, dirinya juga meminta kepada bupati maupun walikota agar memperketat tata ruang, terutama daerah-daerah yang mempunyai potensi tenggelam.

“Demak sama Semarang itu di Sayung, terus di Pekalongan itu ada di Kabupaten dan Kota. Jadi dua yang menurut saya yang penting,” terangnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...