Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lolos 2019, Ratusan PNS dan PPPK di Jepara Akhirnya Dilantik

Ratusan PNS dan PPPK yang dinyatakan lolos sejak 2019 lalu akhirnya dilantik di Pendapa RA Kartini Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Bupati Jepara, Dian Kristiandi melantik dan mengambil sumpah jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemkab Jepara sekaligus.

Pengambilan sumpah dan penyerahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan, dilaksanakan Selasa (23/2/2021), di Pendapa RA Kartini Jepara.

Karena banyaknya PNS dan PPPK yang diambil sumpah, kegiatan juga dilakukan secara virtual di Satuan Koordinasi Pendidikan (Satkordik) kecamatan masing-masing.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara Ony Sulistijawan menyatakan, PNS yang dilantik berjumlah 402 orang. Mereka terdiri dari guru dan tenaga kesehatan sebanyak 394 orang, instruktur satu orang, auditor satu orang, serta pengelola pengadaan barang dan jasa enam orang. SK jabatan fungsional ditetapkan untuk periode 1 Februari 2021.

Sedangkan untuk pegawai PPPK yang dilantik sebanyak 473 orang, dan mendapatkan surat pengangkatan. Terdiri dari, guru pertama (436 orang), penyuluh pertanian pertama (20 orang), penyuluh pertanian pelaksana (2 orang), dan penyuluh pertanian pelaksana pemula (15 orang). Untuk pengangkatan PPPK ini, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021.

“Mereka ini adalah peserta seleksi PPPK Tahap I Kabupaten Jepara Tahun 2019 lalu, yang sudah memenuhi passing grade. Sebenarnya ada 475 orang yang lolos, namun dalam perjalanan waktu ada satu orang penyuluh mengundurkan diri, dan satu orang guru meninggal dunia,” ujar Oni Sulistijawan, Selasa (23/2/2021).

Sementara Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, status dan kedudukan PPPK sama dengan PNS sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Keduanya memiliki tugas dan kedudukan yang sama dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Karena itu, semua pegawai yang dilantik dan diambil sumpahnya harus benar-benar memahami tugas dan tanggung jawabnya. Mereka harus siap menjalankan perintah negara.

“Saya minta semua pegawai yang diangkat hari ini benar-benar memahami tugas dan tanggung jawabnya. Baik PNS maupun PPPK, semua sama sebagai bagian dari aparatur sipil negara. Jangan sampai abai dalam tugas. Semua harus siap saat mendapatkan tugas negara,” ujar Dian Kristiandi, usai mengambil sumpah dan jabatan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...